Terdakwa Kasus DAK Disdik Ketapang Divonis Setahun Penjara

Ketapang

Editor Andrie P Putra Dibaca : 684

Terdakwa Kasus DAK Disdik Ketapang Divonis Setahun Penjara
Sonlie saat sidang putusan. (ist)
KETAPANG, SP - Majelis hakim pengadilan Tipikor resmi menjatuhi hukuman setahun penjara terhadap Sonlie, terdakwa kasus korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Disdik Ketapang tahun 2011, pada item penambahan ruang kelas di 97 Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Ketapang yang menyebabkan kerugian negara sebesar Rp383 juta.

Selain vonis setahun penjara, Sonlie juga dikenai denda Rp50 juta dengan subsider sebulan kurungan penjara.

Vonis tersebut dijatuhkan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Pontianak pada Selasa (5/6) siang. Sebelumnya pada 18 Mei lalu terpidana dituntut sebanyak 1,6 tahun penjara dan denda sebesar Rp100 juta dengan subsider empat bulan kurungan penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Vonisnya lebih rendah dari tuntutan, yang mana hakim memutuskan klien kami pidana setahun penjara dan denda Rp50 juta," ungkap kuasa hukum terpidana, Dewa M Satria, Rabu (6/6).

Kliennya mengaku menerima putusan majelis hakim. Bahkan pihaknya selaku kuasa hukum terpidana mengapresiasi pertimbangan hukum majelis hakim Tipikor. Dalam fakta hukumnya menyatakan bahwa kliennya tidak ada menerima ataupun mendapatkan keuntungan atas kerugian negara. Namun yang terjadi adanya kelalaian terdakwa yang berakibat pada kerugian negara dan menguntungkan orang lain.

"Itu yang disampaikan majelis hakim. Kami mengapresiasi ini dan berharap dengan sudah diputuskan klien kami, pihak Polres dapat segera melanjutkan penyidikan terhadap pihak-pihak lain yang diduga terlibat dalam kasus ini," harapnya. (teo)