Kapal Feri Dharma 2 Kandas di Perairan Ketapang, 668 Penumpang Dievakuasi

Ketapang

Editor Indra W Dibaca : 3782

Kapal Feri Dharma 2 Kandas di Perairan Ketapang, 668 Penumpang Dievakuasi
Seorang anak dievakuasi dari Kapal Feri Dharma II yang kandas di Muara Sungai Pawan, Sabtu (7/7). (Ist)
KETAPANG, SP – Kapal Feri Dharma 2 yang mengangkut 668 penumpang dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang menuju Kabupaten Ketapang, kandas di perairan Muara Sungai Sukabangun, Jumat (6/7) malam. Seluruh penumpang kini telah berhasil dievakuasi.

Kepala Kantor SAR Pontianak, Hery Marantika mengatakan, Kapal Feri KM Dharma II mengalami kandas akibat kuranganya debit air pada saat memasuki muara sungai pada Jumat (6/7) sekitar pukul 19.00 WIB. Akibatnya kapal tidak bisa bergerak.

"Ketika mendapat informasi kita langsung berkoordinasi dengan KSOP Ketapang untuk kemudian melakukan tindakan evakuasi," katanya.

Evakuasi dilakukan tim gabungan dari KP3L Sukabangun Ketapang, Basarnas, KSOP Ketapang, Angkatan Laut, KKP serta pihak PT Pelindo II, Sabtu (7/7) sekitar pukul 05.00 WIB. 

Dari data manifest, kapal kandas bertolak dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju pelabuhan Ketapang dengan membawa muatan penumpang sebanyak 668 orang. Mereka terdiri dari 615 orang dewasa, 45 anak-anak dan 8 balita. Kapal juga membawa 28 unit kendaraan bermotor, 13 unit kendaraan kecil, 11 unit truk kecil dan 3 unit truk besar.

"Proses evakuasi melibatkan 30 orang tim gabungan dengan menggunakan RIB Pos SAR Ketapang, Speed Boat KSOP, Kapal Tongkat serta Tugboat hingga pukul 14.00 WIB. Semua penumpang berhasil dievakuasi," katanya.

Satu diantara anggota Polsek KP3L, Bripka Rudi Pangestu yang turut serta melakukan evakuasi mengaku tersentuh melihat ratusan penumpang yang kehabisan bahan makanan di dalam kapal yang kandas.

"Sudah tugas kami membantu masyarakat, apalagi fisik mereka sudah lemah, ada anak-anak di bawah umur di dalam kapal makanya maka berusaha semaksimal mungkin membantu mengevakuasi mereka," tukasnya. (teo)