Pura-pura Nyapu Gereja, Tahanan Lapas Ketapang Melarikan Diri

Ketapang

Editor Indra W Dibaca : 1565

Pura-pura Nyapu Gereja, Tahanan Lapas Ketapang Melarikan Diri
Kepala Kesatuan Keamanan LP (KPLP) Lapas Kelas II B Ketapang, Ramli. (SP/Teo)
KETAPANG, SP - Seorang tahanan kasus narkoba di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II B Ketapang, melarikan diri. Tahan itu berhasil kabur setelah menjebol plafon gereja di dalam lapas dan memanjat pagar setinggi empat meter.

Kepala Kesatuan Keamanan LP (KPLP) Lapas Kelas II B Ketapang, Ramli, Selasa (10/7) membenarkan adanya tahanan yang kabur. Tahanan tersebut bernama Darmawanto (36), warga Kecamatan Sungai Melayu Rayak. Kaburnya tahanan terjadi pada Senin (9/7) sekitar pukul 11.00 WIB.

Awalnya ada dua tahanan yang mencoba kabur, namun hanya satu yang berhasil.

"Kaburnya lewat gereja. Kebetulan gereja terbuka, mereka seolah-olah mau menyapu, kemudian menjebol plafon. Awalnya dua orang yang mencoba kabur, namun satu orang jatuh dari atas dek, kakinya sakit jadi tak bisa naik lagi. Sedangkan satunya berhasil keluar dari dek turun ke pos 4 dan memanjati benteng sekitar 4 meter untuk kemudian kabur," ungkapnya.

Ia melanjutkan, mendengar adanya suara teriakan yang diduga dari tahanan yang terjatuh dari atas plafon tersebut, petugasnya kemudian melakukan pengecekan dan menemukan tahanan dan kemudian melakukan pengejaran terhadap Darmawanto namun tidak berhasil.

"Informasi tahanan kabur ke hutan dan saat ini infonya di arah Sungai Melayu. Kita sendiri sesuai SOP sudah melaporkan kejadian ke kantor wilayah, melakukan koordinasi dengan pihak terkait serta masih terus melakukan pencarian," katanya. (teo)