Kapolres: Sudah Dua Kali Polisi Tiongkok ke Ketapang Tawarkan Kerjasama Keamanan

Ketapang

Editor Indra W Dibaca : 2206

Kapolres: Sudah Dua Kali Polisi Tiongkok ke Ketapang Tawarkan Kerjasama Keamanan
Foto bersama jajaran Polres Ketapang dengan Kepolisian Tiongkok. (Ist)
KETAPANG, SP - Kapolres Ketapang, AKBP Sunario mengatakan, sudah dua kali pihak kepolisian Republik Rakyat Tiongkok berkunjung ke Ketapang untuk menjalin kerjasama keamanan. Namun pihaknya menyarankan agar urusan kerjasama itu langsung ke Mabes Polri.

"Mereka (polisi Tiongkok) sudah dua kali datang ke Ketapang. Tadi (kamis-red) ada kunjungan dari mereka yakni Walikota yang merangkap kepolisian Suzhou. Kedatangan mereka mau mengajak kerjasama polisi Tiongkok dan Indonesia, tapi kerjasama tidak bisa ke kita, tapi harus ke Mabes Polri," kata Kapolres, Kamis (12/7) malam.

Kapolres menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada perjanjian atau MoU apapun terkait kerjasama antar keduanya.

"Karena urusan kerjasama harus ke Mabes Polri, jadi kita sarankan demikian, dan mereka katanya mau buat surat ke Mabes Polri," akunya.

Sebelumnya jagat maya dihebohkan dengan beredarnya foto-foto monumen Kantor Polisi Bersama dengan gambar bendera Indonesia dan Tiongkok di kawasan industri PT Ketapang Ecology and Agriculture Foresty Industrial Park, di Kabupaten Ketapang, Kalbar.

Dari foto yang beredar di media sosial itu, tergambar bahwa pada monumen itu tertulis Kantor Polisi Bersama, Kepolisian Negara Republik Indonesia Provinsi Kalimantan Barat Kabupaten Ketapang, Biro Keamanan Publik Republik Rakyat Tiongkok Provinsi Jiangsu Resor Suzhou, Ketapang Ecology and Agriculture Foresty Industrial Park.

Kapolres juga sebelumnya sempat membantah bahwa ada Kantor Polisi Bersama Indonesia-Tiongkok. Monumen atau plakat itu katanya, hanya sebuah contoh yang dibawa pihak kepolisian Tiongkok ke Ketapang untuk dipasang nantinya jika sudah terjalin kerjasama. (teo)