Baru Dibangun, Plafon Lantai Dasar Gedung Baru RSUD Agoesdjam Ambruk

Ketapang

Editor Indra W Dibaca : 766

Baru Dibangun, Plafon Lantai Dasar Gedung Baru RSUD Agoesdjam Ambruk
Bagian plafon di lantai dasar gedung baru RSUD Agoesdjam Ketapang yang ambruk. (SP/Teo)
KETAPANG, SP - Belum juga diresmikan, plafon di lantai dasar gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Agoesdjam Ketapang sudah ambruk. Beruntung saat insiden terjadi tak ada aktivitas di ruangan tersebut sehingga tak menimbulkan korban.

Runtuhnya plafon gedung yang baru tuntas dikerjakan tahun ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK), diakui pihak RSUD Agoesdjam akibat human error dan bukan karena bangunan yang tidak sesuai.

"Saya sudah dikirim foto-fotonya, ini saya jamin bukan karena bangunannya, sebab kalau bangunannya tidak akan roboh, tapi ini karena human error," kata Direktur RSUD Agoesdjam Ketapang, Rusdi Efendi, kemarin.

Rusdi mengakui, ambruknya plafon sudah dua kali terjadi. Yang terbaru terjadi sekitar dua pekan lalu.

Yang pertama disebabkan adanya tong air yang jebol, sehingga air merembes membasahi plafon. 

Sementara yang kedua, akibat adanya pipa di kamar mandi yang sedang diperbaiki, sehingga menyebabkan air yang berada di beberapa tong air terus mengalir dan meluber hingga ke plafon.

"Keduanya terjadi saat hari libur Sabtu dan Minggu saat ruangan tutup. Jadi ada yang tidak singkron, belum semua pipa air selesai dikerjakan sehingga air yang ada di tiga drum air mengalir dan meluber di kamar mandi dan merembes ke lantai bawah," jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya sudah akan memperbaiki hal tersebut, namun masih menunggu semua pipa air selesai diperbaiki agar plafon tidak dibongkar lagi. (teo)