Warga Resah, Truk Lebih Muatan Bebas Melintas di Jalan Kota Ketapang

Ketapang

Editor Indra W Dibaca : 971

Warga Resah, Truk Lebih Muatan Bebas Melintas di Jalan Kota Ketapang
Truk bermuatan melaju dari arah Kayong Utara menuju Kota Ketapang, belum lama ini. (SP/Teo)
KETAPANG, SP - Warga dan pengguna jalan kembali mengeluhkan maraknya truk over kapasitas yang hilir mudik di beberapa ruas jalan protokol Kota Ketapang. Kondisi ini dikhawatirkan berdampak pada keselamatan pengendara serta mempercepat kerusakan jalan.

Agus (28), warga Desa Payak Kumang, Kecamatan Delta Pawan mengaku was-was ketika melintasi jalan yang juga dilalui truk melebihi kapasitas tersebut. Apalagi truk-truk tersebut kadang berjalan beriringan atau konvoi sehingga menganggu pengguna jalan lainnya.

"Sampai saat ini truk-truk yang diduga over kapasitas ini masih leluasa melintasi jalan-jalan di Ketapang bahkan melintasi Mapolres Ketapang dan Kantor Bupati Ketapang," katanya, Rabu (8/8).

Menurut Agus, keberadaan truk-truk yang membawa barang melebihi badan truk, tentu dapat membahayakan pengendara lainnya, khususnya pengendara sepeda motor baik yang searah maupun berlainan arah.

"Bisa saja barang-barang yang dibawa terjatuh atau truk terguling akibat membawa barang yang melebihi kapasitas, bahkan truk-truk tersebut juga dapat mempercepat kerusakan jalanan di Kota Ketapang," ujarnya.

"Memang selama ini belum ada korban jiwa, tapi jangan juga menunggu korban jiwa baru menertibkan truk-truk ini," imbuhnya.

Pihak yang berwenang pun diminta tegas untuk melakukan razia rutin dan memanggil para pelaku usaha yang menggunakan jasa pengangkutan barang-barang tersebut.

"Perlu keseriusan dari aparat terkait, baik itu Satlantas maupun Dishub karena tidak mungkin aparat tidak melihat truk-truk itu sebab hampir tiap hari lalu lalang di tengah kota," tukasnya. (teo)