Hilirisasi Pertanian Perlu Digencarkan

Ketapang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 179

Hilirisasi Pertanian Perlu Digencarkan
PANEN – Seorang warga di Kabupaten Ketapang saat memanen padi, belum lama ini. Anggota DPR RI, Daniel Johan berjanji akan membantu sektor pertanian di Ketapang. (Ist)
KETAPANG, SP – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Daniel Johan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Ketapang, Rabu (15/8).

Kunjungan di Desa Sungai Pelang, Kecamatan Matan Hilir Selatan ini, dihadiri puluhan perwakilan kelompok tani. Mereka menyampaikan harapannya kepada Daniel Johan.

Persoalan yang disampaikan para petani di antaranya minimnya alat pertanian. Mereka berharap adanya bantuan alsintan.

Daniel menyebutkan, dirinya selalu berusaha untuk membantu memajukan petani. Bahkan pada 2018, berhasil meningkatkan anggaran khususnya bantuan dari Pemerintah Pusat untuk pertanian di Kalimantan Barat termasuk Ketapang sebesar Rp500 miliar. 

"Kita berharap bertambahnya anggaran ini bisa berdampak positif bagi petani di Kalbar khususnya di Ketapang," katanya. Rabu (15/8).

Ke depan, petani juga diharapkan dapat menjual hasil pertanian dengan dikemas dan diberi merek, sehingga bisa memiliki pasaran dan menambah nilai jual.

"Kita terus berupaya meningkatkan daya beli dan pendapatan petani dengan menjalankan program hilirisasi petani," katanya.

Permintaan para petani di seluruh Kalbar jauh lebih besar dibandingkan anggaran dan aspirasinya. Sehingga dia mengimbau petani yang telah mendapatkan bantuan, untuk dapat pula berbagi kepada keompok tani lainnya yang belum mendapatkan bantuan. Misalnya meminjam pakaikan peralatan pertanian yang didapatkan itu.

Sekretaris Gapoktan Adil Makmur, Desa Sungai Pelang, Kecamatan MHS, Riyoda berharap pemerintah bisa menyalurkan bantuan secara maksimal. Apalagi menurutnya potensi pertanian di Ketapang sangat bagus serta memiliki lahan yang masih luas.

Dia juga berharap, ke depan pemerintah bisa menyalurkan banyak bantuan bagi petani di Ketapang. Agar para petani bisa semakin maksimal bertani dan meningkatkan produksi serta penghasilan. (teo/and)