Bupati Buka Musrenbang Pembangunan Menegah Ketapang 2016-2021

Ketapang

Editor Angga Haksoro Dibaca : 158

Bupati Buka Musrenbang Pembangunan Menegah Ketapang 2016-2021
Ketapang, SP - Bupati Ketapang, Martin Rantan, membuka musyawarah menyusun perubahan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Ketapang tahun 2016-2021.

Kepala Bapeda Ketapang, Harto mengatakan musyawarah perubahan RPJMD Kabupaten Ketapang tahun 2016 2021 dimaksudkan untuk menyempurnakan rancangan perubahan berdasarkan masukan dari forum gabungan organisasi pelaksana dinas dan pihak lainnya.

Adapun tujuannya diantaranya menetapkan program prioritas daerah untuk 5 tahun kedepan, menjabarkan visi misi tujuan, dan sasaran pembangunan yang terarah, bertahap, dan dapat dilaksanakan dari tahun 2016 sampai tahun 2021.

Bupati Martin Rantan  dalam sambutannya mengatakan di Kabupaten Ketapang terdapat  beberapa proyek strategis nasional seperti pabrik Alumina PT WHW di Sei Tengar, pembangunan saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) PT PLN, dan pembangunan kawasan Industri PT Ketapang Bangun Sarana di Pagar Mentimun, Kecamatan Matan Hilir Selatan.

Selanjutnya Pemkab mengusulkan proyek strategis nasional PT Ketapang Ecologi Industrial Park di Muara Pawan. Dan usulan relokasi Bandara Rahadi Oesman ke batas Desa Pelang dan Sei Melayu Rayak.

Terkait usulan relokasi bandara, jika sulit diwujudkan maka Pemkab Ketapang akan mengusulkan memperpanjang runway bandara Rahadi Oesman sehingga dapat didarati pesawat berbadan besar.
  “Hal ini sangat penting yang harus disampaikan dalam musrenbang perubahan RPJMD Kabupaten Ketapang tahun 2016-2021,” kata Bupati.

Berkaitan dengan penyusunan perubahan RPJMD 2016-2021 Ketapang  yang bersamaan dengan RPJMD Provinsi Kalbar 2018-2023, menurut Martin dapat dilakukan pararel. Malah dapat menjamin terintegrasi, sinkronisasi dengan baik antara RPJMD Kabupaten Ketapang dan RPJMD Provinsi Kalbar.

Dalam forum tersebut Bupati juga menyampaikan beberapa hal terkait pembangunan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Kalbar. Seperti pembangunan ruas jalan provinsi agar pembangunannya terus dilanjutkan hingga rampung.  

Acara itu dihadiri Staf ahli Gubernur Kalbar Bidang Sosial dan SDM Syawal Bondoreso, Anggota DPRD Dapil Ketapang-Kayong Utara, Wakil Bupati Kayong Utara Effendi Ahmad, Wakil Bupati Ketapang Suprapto,  Kepala SKPD, camat, dan lurah di jajaran Pemkab Ketapang. (Teo/PK).