Pekerja Asing di PT Laman Tak Terdaftar di Disnaker

Ketapang

Editor Angga Haksoro Dibaca : 169

Pekerja Asing di PT Laman Tak Terdaftar di Disnaker
Imigrasi deportasi imigran warga negara Vietnam
Ketapang, SP - Kantor Imigrasi Kelas III Ketapang belum menerima permintaan izin tinggal warga negara asing yang bekerja di palabuhan PT Laman Mingging.   

Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Ketapang, Darmunansyah mengatakan, soal tenaga kerja asing juga harus mendapat izin Dinas Tenaga Kerja setempat. “Belum ada laporan ke kami,” kata Darmunansyah.  

Soal lokasi kerja yang tidak sesuai izin kerja, Darmunansyah mengatakan hal itu menjadi kewenangan Dinas Tenaga Kerja. “Ranah itu di Disnaker. Yang jelas dari kami (Imigrasi) belum menerima laporan keberadaan pekerja asing dari perusahaan.”

Hal senada diungkapkan Kepala Bidang Ketenagakerjaan Disnakertrans Ketapang, Agus Madi. Menurut dia, pihaknya tidak pernah mendapat laporan baik dari PT Laman Mining maupun kontraktor yang bekerja di lokasi pelabuhan.
“Belum ada laporan.”

Agus mengatakan, pihaknya dapat mengusir pekerja asing yang bekerja tidak sesuai izin tempat bekerja. “Kami akan dalami persoalan ini. Sekalian kami surati perusahaan tersebut,” ujar Agus.   

Seperti diberitakan sebelumnya, warga Desa Kuala Tolak, Kecamatan Matan Hilir Utara, meminta Imigrasi dan Dinas Tenaga Kerja menyelidiki dugaan tenaga kerja asing ilegal yang bekerja di lokasi Pelabuhan PT Laman Mingging. (Teo)