Kejari Ketapang Luncurkan SPDP Online

Ketapang

Editor Angga Haksoro Dibaca : 201

Kejari Ketapang Luncurkan SPDP Online
Ketapang, SP - Kejaksaan Negeri (Kejari) Ketapang menggelar sosialisasi pendaftaran surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) berbasis online. Sistem ini diyakini mampu mempercepat proses penyidikan perkara.  

Kepala Kajari Ketapang, Darmabella Tymbasz mengatakan, inovasi ini bertujuan meningkatkan sinergi kejaksaan dan polisi.   “Hari ini kami sosialisasikan mengenai e-SPDP kepada penyidik Polsek hingga Polres yang ada di Polres Ketapang dan Polres Kayong Utara,” kata Darmabella, Selasa (9/10).

Darmabella berharap sistem online dapat memangkas waktu pengiriman SPDP atau pengambilan perpanjangan penahanan.

Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Ketapang, Rudy Astanto mengaku dirinya berinisiatif membangun program e-SPDP untuk memangkas jalur birokrasi yang memakan banyak waktu.

“Penyidik dari kecamatan yang jauh seperti dari Manis Mata, Pulau Maya, Karimata perlu waktu berjam-jam bahkan harus menginap hanya untuk mengirimkan SPDP atau mengambil perpanjangan penahanan,” ujar Rudy.

Kapolres Ketapang, AKBP Yuri Nurhidayat mengaku mendukung program tersebut. Dia menilai program tersebut akan membantu koordinasi dan sinergitas penyidik dengan kejaksaan. "Program ini bagus," katanya. (Teo)