Ketik Lamaran, Penyebab Pelamar Gugur CPNS

Ketapang

Editor Angga Haksoro Dibaca : 402

Ketik Lamaran, Penyebab Pelamar Gugur CPNS
Seleksi penerimaan CPNS Kabupaten Melawi
Ketapang, SP – Banyak pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Ketapang dinyatakan gugur dalam proses verifikasi karena salah melengkapi persyaratan.  

Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi Aparatur Sipil Negara, BKPSDM Ketapang, Endo mengatakan, kesalahan tersebut karena pelamar kurang teliti membaca dan memahami persayaratan.

Pelamar banyak  yang salah menulis surat lamaran yang seharusnya ditulis tangan, bukan diketik. “Aturan harus ditulis tangan. Tidak boleh diketik walaupun sedikit,” kata Endo, Rabu (10/10).

Selain itu, ada juga pelamar gugur karena tidak membuat surat pernyataan tidak pindah tugas selama 10 tahun. “Ada yang mengisi data salah saat mendaftar online sehingga beda dengan berkas yang dilampirkan. Ada juga yang tidak menandatangani surat pernyataan,” kata Endo.

Akibatnya, berkas pelamar dinyatakan tidak lengkap dan otomatis gugur. Padahal berkas yang sudah masuk tidak dapat ditarik kembali. 

“Pelamar yang gugur akan kami umumkan setelah semua selesai. Termasuk apa saja kesalahan dan kekurangan saat verifikasi akan diberitahukan di pengumuman,” ujar Endo.   Proses pendaftaran saat ini masih dibuka baik yang melalui online maupun yang pemberkasan. Pendaftaran online dibuka sampai tanggal 15 Oktober hingga pukul 23.59 WIB. Sedangkan penyerahan berkas terakhir tanggal 16 Oktober pukul 12.00 WIB.

Hingga 10 Oktober 2018, BKPSDM Ketapang menerima lebih dari 1.100 berkas pendaftaran. Sedangkan untuk pendaftar online jumlahnya sekitar 1.800 pelamar. (teo)