Diduga Tersambar Petir PLTD Sukaharja Terbakar

Ketapang

Editor Angga Haksoro Dibaca : 380

Diduga Tersambar Petir PLTD Sukaharja Terbakar
Ketapang, SP - Diduga akibat tersambar petir, sebagian instalasi mesin Pusat Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Sukaharja terbakar. Kebakaran menyebabkan  pemadaman total di Kota Ketapang, Kamis (1/11) sejak pukul 20.20 WIB hingga 23.00 WIB.  

Ketua Damkar Yayasan Dharma Bakti Ketapang, Candra membenarkan adanya kebakaran di PLTD Sukaharja. Dia mengaku mendapat informasi soal kebakaran sekitar pukul 20.15 WIB.  

“Mendapat informasi itu, kami dari Damkar Yayasan Dharma Bhakti langsung menurunkan 4 unit damkar untuk membantu memadamkan api di lokasi kebakaran,” kata Candra, Jumat (2/11).  

Pemadaman dilakukan bersama-sama dengan Damkar Pemkab Ketapang, Damkar BPAS, dibantu petugas PLN, polisi dan warga sekitar lokasi.  

“Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 21.30 WIB. Untuk sumber api belum diketahui berasal dari mana, begitu juga dengan penyebabnya. Nanti pihak PLTD yang bisa memberikan penjelasan,” terangnya.  

Asisten Manager Pelayanan dan Administrasi PLN Area Ketapang, Tumbur Manulu meminta maaf soal pemadaman listrik  kepada seluruh pelanggan PLN Ketapang, khususnya yang mendapat suplai listrik dari Unit Pengatur Beban Sukaharja.  

“Tadi malam (Kamis-red) suplai terpaksa kami padamkan sekitar pukul 20.20 WIB lantaran adanya petir yang menyambar instalasi mesin PLTD Sukaharja dengan kapasitas 5 MW,” jelasnya.  

Tumbur melanjutkan, tidak ada mesin PLTD yang terbakar akibat kejadian tersebut, hanya sebagian instalasi mengalami kerusakan. Pihaknya masih terus melakukan perbaikan dan berupaya mengoptimalkan PLTU Sukabangun agar beroperasi.  

“Tadi malam rekayasa suplai sudah kita lakukan sehingga pukul 23.00 sudah dilakukan secara bertahap. Sampai hari ini (Jumat-red) pukul 07.00 WIB, PLN masih defisit 3 MW jadi masih ada beberapa daerah yang padam.” (Teo)