Pesawat Penyebar Pupuk Mendarat Darurat di Kebun Sawit

Ketapang

Editor Angga Haksoro Dibaca : 159

Pesawat Penyebar Pupuk Mendarat Darurat di Kebun Sawit
Ketapang, SP – Pesawat penyebar pupuk milik PT Elang Nusantara Air mendarat darurat di kebun sawit PT Sinarmas Group Blok G, H 47 di Desa Belaban, Marau Baru, Ketapang.  

Pesawat Thras PK-ELB itu jatuh saat sedang menyebar pupuk di kebun sawit milik PT Kencana Graha Permai Cendana Estate anak usaha PT Sinarmas, Sabtu (3/11) pukul 11.00 WIB.  

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Sayap dan roda pesawat patah, namun pilot warga negara Australia, Martin Darren Scott selamat.  

Sekitar pukul 07.00 WIB pesawat seperti biasa mengangkut dan menyebar pupuk di kebun kelapa sawit milik PT Kencana Graha Permai Cendana Estate. Pesawat tersebut sudah sekitar 50 kali bolak balik landasan Cendana Estate mengangkut pupuk.  

Sekitar pukul 11.00 WIB, Imam, Manager PT Cendana Estate mendapatkan informasi pesawat mengalami kecelakaan dan mendarat darurat di jalan kebun Blok G, H 47.  

Kru landasan PT Cendana Estate langsung mendatangi lokasi dan mengamankan jalan serta pesawat.  

Jumadi (40 tahun), saksi mata yang juga operator traktor kebun sawit mengatakan sekitar pukul 11.00 WIB pesawat terbang rendah dan tiba-tiba turun dan menghantam jalan. Saksi melihat pilot keluar dari pesawat dan memintanya memanggilkan kru landasan udara Cendana Estate.  

Belum diketahui penyebab pasawat mendarat darurat. Perusahaan sudah melaporkan kejadian tersebut kepada Komisi Nasional Keamanan Transportasi (KNKT) yang akan datang Minggu (4/11) untuk memeriksa pesawat. (*)