Tim SAR Gabungan Temukan 2 Mayat di Perairan Kendawangan

Ketapang

Editor Angga Haksoro Dibaca : 338

Tim SAR Gabungan Temukan 2 Mayat di Perairan Kendawangan
Ketapang, SP - Dalam sehari Tim Gabungan SAR Kendawangan, Kabupaten Ketapang, menemukan dua mayat di perairan Kendawangan, Selasa (6/11).  

Satu jenazah diidentifikasi bernama Amar (50 tahun) korban Kapal Layar Motor (KLM) Arta Ilahi yang tenggelam di Perairan Mangkut, Kendawangan, 1 November lalu. Sedangkan jenazah lainnya yang ditemukan tanpa kepala, tangan, dan kaki belum diketahui identitasnya.

Laporan Brigadir Wahyu, Anggota Satpol Air Kendawangan mengatakan,  Tim SAR Gabungan yang terdiri dari 4 anggota Basarnas Ketapang, 2 Anggota TNI AL Kendawangan, 2 Marnit Patroli Kendawangan, serta 2 keluarga korban kapal Arta Ilahi, saat melakukan pencarian korban Amar menemukan dua jenazah.

Satu jenazah ditemukan tanpa identitas dan tidak dapat diidentifikasi karena kondisi tubuh sudah tidak utuh. Jenazah tak dikenal ini ditemukan pada koordinasi 03, 19',218"S 110, 21', 056" E sekitar pukul 14.20 WIB.  

Jasad ini langsung dievakuasi dan dibawa ke pelabuhan Kendawangan pada pukul 18.20 kemudian diserahkan ke Mapolsek Kendawangan. Setelah melalui kesepakatan jenazah dikebumikan di Kendawangan.

Kemudian penemuan mayat kedua merupakan Amar awak kapal Arta Ilahi. Jenazah ditemukan pada koordinat 03, 31' 1218" S 110,14', 1630" E kemudian dibawa ke dermaga pelabuhan Kendawangan pukul 23.10 dan langsung diserahkan ke keluarga korban untuk dimakamkan di Desa Kalinilam, Delta Pawan, Ketapang.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Pontianak, Heri Marantika, membenarkan salah satu mayat yang ditemukan di Perairan Kendawangan adalah awak kapal Arta Ilahi.

"Informasi sudah A1 dari pihak keluarganya kalau mayat tersebut penumpang kapal Arta Ilahi yang beberapa hari lalu tenggelam," katanya.

Dia menambahkan, selain penemuan jenazah awak kapal Arta Ilahi, Tim SAR terlebih dahulu menemukan mayat yang sudah tidak utuh lagi. “Terkait ini, kemungkinan dari pihak kepolisian yang lebih tepat menjelaskannya,” akunya.

Saat dikonfirmasi, Humas Polres Ketapang, Ipda Matalib membenarkan adanya penemuan dua mayat di Perairan Kendawangan.

“Penemuan pertama mayat tanpa identitas karena kondisi sudah tidak utuh. Satunya mayat Amar penumpang kapal Arta Ilahi yang langsung dijemput keluarganya,” kata Ipda Matalib, Rabu (7/11). (Teo).