Minggu, 20 Oktober 2019


Empat Hari, 529 Warga Ketapang Terserang ISPA

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 513
Empat Hari, 529 Warga Ketapang Terserang ISPA

Salah satu anak usai diperiksa di fasilitas kesehatan di Ketapang, Senin (16/9). THEO BERNARDI

KETAPANG, SP - Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Kabupaten Ketapang membuat ratusan masyarakat terserang Infeksi Saluran Pernafasan (ISPA). Dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) per tanggal 13 hingga 16 September tercatat 529 kasus ISPA yang terjadi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Ketapang, Basaria mengatakan kalau memang kondisi cuaca dalam keadaan tidak sehat. Bahkan saat ini status siaga sudah diterbitkan terkait persoalan kabut asap.

"Untuk status tanggap darurat memang belum hanya saja untuk penanggulangan sudah terus kita lakukan, mulai dari pembagian masker melalui puskesmas-puskesmas maupun pembukaan posko kesehatan dengan menempatkan tim kesehatan di posko tersebut," akunya, Senin (16/9).

Ia melanjutkan, memang terjadi peningkatan kasus ISPA. Hal ini terlihat dari data yang masuk dari tiap Puskesmas, yang mana mulai tanggal 13 September pihaknya mulai mendata per hari terhadap warga terserang ISPA melalui puskesmas-puskesmas yang ada di Ketapang.

"Jadi sebelumnya data ISPA per bulan, namun karena kondisi seperti ini kita data per hari, jadi saat ini mulai tanggal 13 sampai hari ini (Senin-red) laporan masuk ada 529 kasus ISPA," jelasnya. (teo)