Kamis, 30 Januari 2020


Serap Ratusan Tenaga Kerja, Warga Dukung PT RIM Segera Beroperasi

Editor:

M. Eliazer

    |     Pembaca: 487
Serap Ratusan Tenaga Kerja, Warga Dukung PT RIM Segera Beroperasi

Warga Air Upas yang bekerja di PT RIM. Warga berharap perusahaan dapat segera beroperasi sepenuhnya.

KETAPANG, SP - Keberadaan PT Ratu Intan Mining (RIM) selaku pemenang lelang atas kerjaan PT CMI, terus memberikan dampak positif bagi masyarakat di sekitar lokasi kerja perusahaan. Hingga saat ini sedikitnya sudah ada 245 masyarakat yang bekerja di PT RIM.

Humas PT RIM, Adrianus Adus mengaku penyerapan tenaga kerjadilakukan sesuai kebetuhan perusahaan. Saat ini sudah ada ratusan masyarakat yang bekerja di perusahaan tersebut.

“Untuk tenaga kerja kita memprioritaskan warga lokal Air Upas sekitar 80 persen bahkan lebih sesuai kebutuhan perusahaan,” katanya.

Ia melanjutkan, serapan tenaga kerja terbagi dibeberapa lokasi, misalkan untuk di daerah Batang Belian sendiri sesuai kebutuhan sudah ada 245 orang pekerja, sedangkan untuk Air Upas sampai saat ini yang sudah memasukkan lamaran mencapai 200 orang.

“Di air upas kita buka lowongan untuk persiapan pekerjaan di Site WP 14 Air Upas yang sejauh ini sudah ada 200-an orang melamar,” terangnya.

Selain penyerapan tenaga kerja, pihaknya komitmen untuk membantu lokasi sekitar perusahaan khususnya dalam hal alokasi dana. CSR yang ke depan akan dimanfaatkan sesuai dengan kebetuhan desa setempat.

Sementara itu, satu di antara pekerja di PT RIM, Lazarus Bria mengaku sangat bersyukur dengan keberadaan PT RIM yang masuk didaerahnya, pasalnya keberadaan PT RIM.

“Kita senang karena kita bisa diberi kesempatan kerja sehingga mendapatkan penghasilan yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan hidup dan biaya pendidikan anak,” akunya.

Dia juga mengapresiasi program dari PT RIM yang belum tentu bisa diberikan oleh pihak lain, seperti memberi kesempatan kepada masyarakat untuk berinvestasi unit untuk dapat bekerja sama dengan mereka.

Warga Desa Air Upas, Robianus (25) yang ikut serta memasukan lamaran untuk bekerja di PT RIM, mengaku sangat berharap PT RIM bisa segera beroperasi sehingga dirinya bisa bekerja guna memenuhi kebutuhan keluarganya.

"Harapan saya sebagai kepala keluarga menginginkan agar PT RIM segera beroperasi, lantaran saya sudah masukan lamaran pekerjaan segera ingin cepat bekerja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga saya," harapnya. 

Dia juga berharap permasalahan yang ada agar cepat diselesaikan dan untuk PT RIM tetap menjalankan operasinya karena dirinya butuh pekerjaan. 

"PT RIM sebagai pemenang lelang harus segera bekerja dan jangan hiraukan pihak lain yang menghambat karena di sini bukan saya sendiri yang ingin kerja, tetapi masyarakat lain juga sangat butuh pekerjaan," ungkapnya. 

Selain itu salah satu warga, Yayat Periyatna juga berharap dengan lamaran yang sudah dimasukan agar dirinya bisa cepat bekerja. 

"Dengan lamaran yang sudah kami masukan berharap saya cepat bisa diterima untuk bekerja. Saya sangat mendukung PT RIM agar cepat bekerja karena ini untuk kepentingan masyarakat ramai. Jadi apapun yang menjadi penghambat PT RIM untuk bekerja kami sebagai masyarakat sangat dirugikan karena kami butuh pekerjaan secepatnya," ungkapnya. (teo)


  •