Senin, 27 Januari 2020


500 Rumah Di Sungai Laur Terkena Dampak Banjir

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 893
500 Rumah Di Sungai Laur Terkena Dampak Banjir

KETAPANG, SP - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ketapang saat ini terus melakukan penyaluran bantuan terhadap warga dibeberapa Desa di Kecamatan Sungai Laur yang terendam banjir. Saat ini sedikitnya 500 rumah dari berbagai desa yang terkena banjir.

Saat dikonfirmasi, Kepala BBPD Ketapang, Yunifar mengaku banjir yang melanda beberapa desa di Kecamatan Sungai Laur diakibatkan curah hujan yang sangat tinggi beberapa hari terakhir. Hal tersebut menurutnya memicu volume air naik sehingga membanjiri pemukiman warga di beberapa Desa seperti di Teluk Mutiara, Riam Bunut, Sepotong, Suka Ramai, Mekar Harapan, Bengaras dan Sungai Daka.

“Kalau curah hujan terus terjadi maka dipastikan air akan semakin baik,” nilainya.

Ia menambahkan, saat ini sedikitnya ada 500 an rumah warga terkena dampak banjir bahkan beberapa kantor pemerintah termasuk Kantor Polsek dan Koramil sungai laur juga terendam banjir.

“BPBD sendiri sudah menyiapkan bantuan untuk diberikan kepada warga yang membutuhka,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolsek Sungai Laur, IPTU Abdul Muhlis mengaku kalau saat ini Polsek Sungai Laur dan asrama anggota polsek terkena banjir yang bahkan mencapai 10 CM dari lantai kantor.

“Saat ini masih terendam banjir polsek kita, untuk ketinggian banjir bervariasi tergantung dataran yang paling parah ada mencapai 2 meter,” akunya.

Ia menjelaskan, saat ini guna memberikan pelayanan penaggulangan banjir, pihaknya membuat posko gabungan yang didalamnya terdiri dari Polsek, Koramil, BPBD, SAR, pihak Kecamatan serta kesehatan.

”Bantuan mulai dibagikan hari ini kepada warga, dari pantauan alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya telah berkoordinaai dengan PLN setempar agar dapat melakukan pemadaman arus listrik dilokasi banjir lantaran dikhawatiekan adanya konsleting listrik di lokasi terendam banjir. (Teo).