MTQ XXVI Kubu Raya untuk Kalbar

Kubu Raya

Editor sutan Dibaca : 781

MTQ XXVI Kubu Raya untuk Kalbar
Bupati Kubu Raya Rusman Ali saat meninjau persiapan MTQ XXVI Provinsi Kalbar, Minggu (22/5). (FOTO SUARA PEMRED/ JAKA ISWARA)
KUBU RAYA, SP - Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ ) XXVI tingkat Provinsi Kalbar diselenggarakan di Kabupaten Kubu Raya dari 23-29 Mei 2016, dipastikan berlangsung meriah. Sebanyak 14 kabupaten/kota dipastikan ikut serta dalam pagelaran yang dilangsungkan dua tahun sekali ini.

Ajang ini disuguhkan Pemerintah Kubu Raya dan Provinsi Kalbar kepada masyarakat, demi menyukseskan program nasional dalam mewujudkan Kalbar yang agamis, berbudaya, maju dan harmonis. “Kita berharap MTQ XXVI di Kubu Raya berlangsung sukses, lancar dan aman.

Selain itu, dapat menghasilkan bibit-bibit qori dan qoriah yang terbaik dan dapat membawa nama Kalimantan Barat ke tingkat nasional, bahkan internasional,” kata Bupati Kubu Raya, Rusman Ali, disela-sela meninjau persiapan MTQ XXVI tingkat Provinsi Kalbar di H-1, Minggu (20/5).

Untuk itu, Rusman meminta semua peserta menunjukkan kemampuan terbaiknya masing-masing, saling mengisi, berbagai pengalaman, menjaga kejujuran dan berkompetisi dengan sehat. “Jangan jadikan peserta lain menjadi saingan. Namun harus dijadikan mitra agar dapat saling mengisi dan berbagi ilmu,” ujarnya.

Sehingga sesama peserta bisa semakin menambah pengetahuan, demi membawa nama baik daerah. Selain itu, juga menjungung tinggi aturan yang telah dibuat, baik bagi peserta, pelatih maupun official.

Rusman berkata, terselenggaranya acara yang akan dibuka Gubernur Kalbar, Cornelis, berkat kerjasama Pemerintah Provinsi Kalbar dengan Kabupaten Kubu Raya, beserta semua pihak yang terlibat. Karenanya, panitia hingga pemerintah daerah, tidak pernah mengajukan atau membuat proposal meminta dana kepada pihak lain. MTQ merupakan ajang bersama pemerintah daerah dan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah.

“MTQ ini program daerah hingga nasional. Tentu segala akomodasi, penginapan, hingga pembangunan tempat telah dipersiapkan pemerintah jauh hari,” ujarnya. Rusman menegaskan, penyelenggaraan MTQ untuk masyarakat. Karenanya, masyarakat harus ikut andil dalam menjaga dan memeriahkannya. “Untuk itu, saya secara resmi mengundang masyarakat Kalbar, khususnya Kubu Raya untuk ikut memberikan semangat, meramaikan dan menyaksikan acara ini,” kata Rusman Ali.

Juara Bonus Haji  

Bupati  Kubu Raya, Rusman Ali akan menghadiahkan berangkat ke tanah suci bagi kontingen Kabupaten Kubu Raya. Yang berhasil meraih juara umum pada MTQ XXVI Tingkat Provinsi Kalbar kali ini. “Target kita juara umum. Bila berhasil, saya akan menghadiahkan naik haji bagi yang menang. Namun bila tidak juara umum, maka yang berhasil juara satu di masing-masing cabang hanya mendapatkan umroh ke tanah suci,” janji Rusman.  

Ketua Kafilah Kubu Raya, Jakariansyah mengungkapkan, target juara umum bukan merupakan beban bagi kafilah Kubu Raya. Target itu justru menjadi penyemangat dan motivasi, lebih serius dan maksimal mengikuti berbagai cabang ajang MTQ ini. 
“Target ini akan menjadi motivasi bagi Kafilah, tentunya kami akan berusaha dengan semaksimal mungkin, terlebih bupati juga menjanjikan akan memberikan suatu yang lebih, jika target ini dapat kami raih,” kata Jakariansyah.

Untuk mencapai target ini, pihaknya telah melakukan berbagai upaya. Misalnya, kepada kafillah diterapkan dan ditegaskan untuk disiplin, baik disiplin dalam berlatih maupun disiplin pada saat mengikuti kegiatan MTQ. Dijelaskan Jakaria, kontingen MTQ Kubu Raya secara keseluruhan berjumlah 55 orang yang terdiri dari pembina, ketua kafilah,official, pelatih, pendamping dan peserta.

Seluruh kafilah Kubu Raya merupakan para juara dari MTQ tingkat kabupaten yang dilaksanakan pada tahun 2015. Seluruh kafilah ini sudah dinyatakan siap mengikuti event MTQ tingkat provinsi, dan seluruh cabang pada pelaksanaan MTQ akan diikuti semua.

Siapkan 38 Kafilah 
 
Sebanyak 38 kafilah telah disiapkan kontingen Kabupaten Kubu Raya untuk berlomba diajang MTQ XXVI tingkat provinsi ini.   Ketua Umum LPTQ Kubu Raya, Ismail Kasim mengatakan ke-38 kafilah ini didampingi 14 orang official dan pelatih. Mereka mengikuti semua cabang yang diperlombakan. Yakni, cabang Tilawah, Tartil, Syarhil, Fahmil Al-Qur'an, Khatil dan Hifzil Quran.  

"Kemungkinan yang tidak diikuti cabang tafsir bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Arab, karena seluruh daerah tidak ada pesertanya,” ujarnya.   Begitu juga dengan cabang makalah Al'quran yang ada pesertanya, hanya Kubu Raya saja. Jadi, cabang ini masih masih dipertimbangkan untuk diperlombakan.  

Dikatakan Ismail, kafilah Kubu Raya yang akan diikutkan pada MTQ XXVI ini, hasil dari lomba MTQ tingkat kabupaten yang sebelumnya juga melalui seleksi di setiap kecamatan. Untuk menghadapi MTQ mendatang, pihaknya telah melakukan TC berjalan terhadap para kafilah, untuk pembinaan dan pelatihannya sesuai dengan Rayon. Yakni, Sui Raya, Sui Ambawang, dan Sui Kakap.   

Dua tahun lalu kontingan Kubu Raya menempati urutan ketiga, namun di MTQ 2016 ini, Ismail berharap Kubu Raya bisa meraih juara umum.   "Memang kalau melihat dari saingan semua daerah cukup bagus dan baik. Hanya saja yang selama ini mendominasi adalah kontingen dari Kota Pontianak dan Mempawah. Karena itu kita berupaya maksimal agar bisa meraih juara umum," ujarnya.   Ia pun berharap seluruh kafilah dapat lebih giat mendalami latihan huruf demi huruf setiap ejaan dalam Alquran.(lam/jek/lis)