30 Persen Pejabat Pemkab Kubu Raya Berisiko Terserang PTM

Kubu Raya

Editor sutan Dibaca : 689

30 Persen Pejabat Pemkab Kubu Raya  Berisiko Terserang PTM
Sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Kubu Raya dites kesehatannya oleh petugas medis Dinas Kesehatan KKR di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Senin (18/7). (Suara Pemred/jaka iswara)
KUBU RAYA, SP - Kepala Dinas Kesehatan KKR, Berli Hamdani mengungkapkan, diperkirakan 20 hingga 30 persen pejabat di lingkungan Pemkab Kubu Raya berisiko terserang Penyakit Tidak Menular (PTM).  

Hal itu diungkapkannya setelah menggelar donor darah dan pemeriksaan PTM terhadap sejumlah pejabat di Pemkab Kubu Raya Pemerintah di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Senin (18/7).  

"Dari hasil pemeriksaan, sekitar 20 hingga 30 persen hasilnya di atas normal. Jadi, pejabat juga memiliki risiko tinggi terserang PTM," ujar Berli di sela-sela acara pemeriksaan PTM dan donor darah.  

Dikatakan, pemeriksaan terhadap pejabat di Kubu Raya merupakan yang kali pertama selama terbentuknya Kubu Raya. Kegiatan ini juga bagian dari rangkaian dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kubu Raya yang ke-9.  

"Agar tetap sehat, diharapkan para pejabat ini berperilaku CERDIK, satu di antaranya kendalikan stress," kata Berli.  

Pejabat, lanjut Berli, memiliki tingkat stress yang cukup tinggi sehingga perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala agar dapat dideteksi lebih dini terhadap PTM yang cukup mengancam kesehatan.  

"Karena para pejabat ini kurang bergerak atau aktifitas rendah, maka akan lebih cenderung mengalami gangguan metabolisme seperti kolesterol yang tinggi dan gula darah yang tinggi. Sehingga berisiko tinggi terserang hipertensi, stroke, jantung dan sebagainya," ujar Berli.  

Pemeriksaan PTM yang dilakukan pihaknya berupa pemeriksaan lemak tubuh, lemak perut , keseimbangan antara tinggi badan dan berat badan, pemeriksaan kolesterol serta pemeriksaan  gula darah.
 

Sementara Ketua TP PKK Kubu Raya, Endang Indawati yang turut diperiksa mengungkapkan, pemeriksaan PTM terhadap para pejabat di lingkungan Pemkab Kubu Raya memang perlu dilakukan.   "Pemeriksaan dini memang perlu dilakukan. Kalau tidak, kita tidak mengetahui potensi terserangnya PTM," pungkasnya. (jek/bah/sut)