Investor Lirik Bangun Peternakan Sapi di Kubu Raya

Kubu Raya

Editor sutan Dibaca : 1298

Investor Lirik Bangun Peternakan Sapi di Kubu Raya
Peternakan Sapi (antarafoto)
KUBU RAYA, SP – Investor terpikat hendak berinvestasi di Kabupaten Kubu Raya (KKR) di sektor peternakan sapi. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya, Gandhi Satyagraha, baru-baru ini.

Berdasar pantauan pihaknya, kata Gandhi, investor lebih berfokus ingin berinvestasi pada sektor peternakan sapi dalam skala besar. “Kami belum mengetahui secara pasti berapa jumlah sapi yang akan diternakan di Kubu Raya, namun yang jelas mereka sudah mulai mengembangkan peternakan sapi di Kubu Raya,” kata Gandhi.

Dikatakan, KKR yang memiliki wilayah yang cukup luas terdapat potensi ekonomi. Sebab selain di sektor peternakan, sektor pertanian juga potensial di KKR.

"Kita sangat menyambut baik adanya investor dari luar yang ingin berinvestasi di Kubu Raya. Para investor yang melirik Kubu Raya ada yang berasal dari luar negeri seperti dari negeri Cina," kata Gandhi.

Menurut Ghandi, dengan banyaknya kegiatan investasi di Kubu Raya, termasuk dari sektor peternakan, tentunya juga akan mempercepat pembangunan di Kubu Raya dan perekonomian masyarakat Kubu Raya juga mengalami peningkatan.

“Para investor peternakan ini nantinya  akan diarahkan ke Desa Kapur, Ambangah sampai Tebang Kacang serta daerah Pinang Luar dan Pinang Dalam. Sebab wilayah itu memang memiliki potensi untuk investasi peternakan sapi,” ujar Gandhi.


Dengan masuknya investor peternakan dalam skala besar, kata Gandhi, tentunya pemerintah akan mendorong para peternak lokal untuk menjadi lebih baik ke depannya.

Karena dengan kondisi masuknya investor, maka akan menjadi motivasi bagi peternak lokal.
“Kami berharap nantinya para peternak lokal juga  dapat mengadopsi teknologi yang digunakan investor untuk beternak sapi," kata Gandhi.

Pemerintah tetap akan membuaka peluang sebesar-besarnya kepada investor-investor dengan tidak mempersulit proses perizinannya sepanjang dipandang positif demi pembangunan Kubu Raya.


Seorang peternak sapi di Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Tarmidji mengungkapkan,  dirinya menyambut baik keinginan para investor yang ingin berinvestasi di Kubu Raya pada sektor peternakan.

“Adanya investor ini tentunya akan membuka wawasan baru bagi peternak, bagaimana cara beternak terutama beternak sapi secara modern,” kata Tarmidji.

Tarmidji mengatakan, sebagian besar peternak sapi di Kubu Raya masih menggunakan metode pemeliharaan sapi secara tradisional yakni menggunakan rumput sebagai pakan sapi. Sehingga hasil ternak sapi tidak maksimal.

“Pakan sapi itu sebenarnya bukan hanya rumput saja, tetapi bisa memanfaatkan limbah-limbah yang banyak berada di sekeliling kita seperti sagu, ubi yang sudah apkir, ampas tahu, sekam dan lain-lain dengan diimbangi oleh produk konvensional,” kata Tarmidji. (jek/bah/sut)