Langganan SP 2

Enam Tahun Dibangun, Dermaga Padang Tikar Belum Selesai

Kubu Raya

Editor sutan Dibaca : 586

Enam Tahun Dibangun, Dermaga Padang Tikar Belum Selesai
Wilayah perairan di kawasan Kabupaten Kubu Raya. (SP/Ist)
KUBU RAYA,SP – Masyarakat di Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya mempertanyakan pembangunan dermaga Desa Padang Tikar I yang kini terbengkalai.

"Setidaknya sudah enam tahun dermaga yang dibangun ini belum ada kejelasan. Masih terbengkalai. Saya hanya mendapat kabar dari masyarakat bahwa proyek pembangunan dermaga ini bersumber dari APBN," kata Supriyadi, Camat Batu Ampar.

Supriyadi mengaku tidak tahu menahu proses pembangunan dermaga tersebut. Bahkan, sejak dirinya menjabat sebagai camat belum pernah mendapat laporan terkait pembangunannya.

"Sudah sering kali masyarakat mempertanyakan proses pembangunan dermaga ini. Saya juga bingung karena memang tidak pernah mendapat laporan dari pihak terkait," tuturnya.

Menurut Supriyadi, sebagian besar wilayah Kubu Raya merupakan perairan untuk itu keberadaan dermaga dan pelabuhan sangat penting demi kelancaran arus tranportasi air. Tak hanya itu, dengan adanya dermaga, maka perputaran ekonomi akan meningkat dan berdampak positif terhadap pendapatan masyarakat.

Supriyadi berharap pihak terkait dapat memperhatikan proses pembangunan dermaga tersebut sehingga dapat difungsikan dan memiliki manfaat tidak hanya dari aspek sosial masyarakat namun juga aspek ekonomi.


Sementara, Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengatakan pihaknya akan menginstruksikan Dinas Perhubungan setempat untuk berkoordinasi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan agar dapat melakukan pemetaan sejumlah dermaga di Kubu Raya.

“Saya pastikan dulu nanti bersama Dinas Perhubungan, apakah pengelolaan dermaga ini adalah kewenangan kita atau Kesyahbandaran.  Jika merupakan kewenangan kita dan aset Kubu Raya, maka kita akan segera lakukan program penataan dan pemeliharaan termasuk pengerukan,” jelasnya. (jek/ind)