Kasus Penyakit Kaki Gajah di Kubu Raya Bertambah

Kubu Raya

Editor sutan Dibaca : 587

Kasus Penyakit Kaki Gajah di Kubu Raya Bertambah
PENDERITA- Seorang penderita Filaria ketika berada di Puskesmas Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya. (SP/ Jaka Iswara)
KUBU RAYA, SP- Kepala Seksi Pemberantasan Penyakit dan Wabah (P2W) Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Daniel Irwan mengatakan bahwa tahun ini telah menemukan sebanyak 88 kasus penderita Filaria.  

"Tahun 2015 lalu ditemukan 56 kasus Filaria di Kubu Raya, setelah kami aktif turun ke lapangan, kasus baru terus kami temukan bahkan bertambah sebanyak 32 kasus," ungkapnya.  

Menurutnya, dengan semakin bertambahnya temuan kasus Filaria baru ini, masyarakat tentunya sudah mulai menyadari dan memahami pentingnya pemeriksaan dan pengobatan Filaria, selain itu semakin cepat pula pemutusan mata rantai penularan Filariasis.  

"Semakin bertambah penemuan kasus filaria  baru ini, tentunya petugas-petugas kesehatan benar-benar bekerja, masyarakat juga mulai terbuka sehingga pemutusan mata rantainya bisa kita lakukan," pungkas Daniel.

Sementara itu, Jamin (55) penderita Filaria ditemui di Puskesmas Rasau Jaya mengungkapkan, sejak 20 tahun silam kerap merasakan nyeri pada kakinya. Kemudian secara berangsur kaki yang terasa nyeri itu membengkak.  

"Jika sakitnya datang, terasa nyeri sekali bahkan untuk jalanpun susah," ujar Jamin  

Jamin menuturkan dirinya tidak pernah mendapatkan pemberian obat dari Pemkab Kubu Raya, pasalnya ketika program tersebut dilakukan tahun 2015 dan 2016, ia bersama keluarganya tengah berada di kampung halaman di pulau Jawa.  

"Saya juga tidak tahu harus minum obat apa, selama ini saya hanya berobat dengan dokter praktek di dekat tempat tinggal saya," kata Jamin.  (jek/jee)