Tahun 2016, Kasus DBD di Kubu Raya Menurun

Kubu Raya

Editor sutan Dibaca : 596

Tahun 2016, Kasus DBD di Kubu Raya Menurun
Fogging (SP/Ist)
KUBU RAYA, SP – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kubu Raya mencatat sepanjang Januari hingga Desember 2016 telah  terjadi penurunan jumlah kasus demam berdarah dengue (DBD).  

Jika pada tahun 2015 lalu ditemukan 123 kasus, pada tahun 2016 ini kasus DBD sebanyak 33 kasus. Tiga penderita diantaranya merupakan anak-anak.  

“Kasus terbanyak terjadi pada tahun 2016 pada bulan Januari, ditemukan 21 kasus, satu penderita meninggal dunia,” kata Kepala Seksi Pemberantasan Penyakit dan Wabah,  Dinkes Kubu Raya, Daniel Irwan.
 

Menurutnya, tingginya kasus yang terjadi pada Januri lalu, disebabkan peralihan musim. Biasanya menyebabkan semakin banyaknya perkembangbiakan nyamuk  

Daniel mengungkapkan menurunnya jumlah kasus DBD di Kubu Raya,  juga tidak terlepas dari partisipasi warga yang mulai memahami dan menyadari cara mengantisipasi perkembangan DBD.
 

Penderita DBD di Kubu Raya tambahnya, terbanyak dialami anak-anak, mulai dari  balita sampai usia sekolah, untuk menekan angka DBD berbagai upaya telah dilakukan, mulai dari sosialisasi, penyuluhan, pengasapan, pemberian abate hingga membentuk juru pemantau jentik (Jumantik) mulai dari SD, SMP dan SMA.  (jek/jee)
 

Baca Juga: