Rabu, 23 Oktober 2019


Pemkab Berencana Bangun Kembali Jembatan Sungai Kupah

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 811
Pemkab Berencana Bangun Kembali Jembatan Sungai Kupah

Ilustrasi

KUBU RAYA, SP – Pemkab Kubu Raya akan membangun kembali Jembatan Sungai Kupah di Kecamatan Kakap, yang ambruk beberapa waktu lalu. Pembangunan menggunakan  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni Kubu Raya tahun 2017.

"Ada dua alternatif pembangunan, pertama dibangun dengan konstruksi beton, dengan anggaran perencanaan berkisar Rp 6 miliar, atau berbahan kayu, dengan anggaran sekitar Rp 900 juta," kata Erwin, Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan,  Dinas Bina Marga dan Pengairan,  Kabupaten Kubu Raya.

Erwin mengungkapkan pada tahun 2015 lalu,  pemkab pernah merencanakan pembangunan jembatan ini.
"Tapi tertunda,  karena keterbatasan anggaran yang dimiliki pemkab", tambahnya.

Sementara, Ketua DPRD Kubu Raya, Bambang Ganefo mengatakan, pihaknya akan memperjuangkan pembangunan  kembali Jembatan Sungai Kupah melalui dana Unit Perbaikan Jalan dan Jembatan (UPJJ) Dinas Bina Marga.
 

"Kebetulan kami sedang melakukan pembahasan anggaran, jadi akan kami perjuangkan tahun ini dapat direalisasikan pembangunannya," ujar Bambang.  

Bambang menegaskan untuk tahap awal, akan diupayakan melalui anggaran dari UPJJ. Tahap selanjutnya akan dibahas lagi bersama Pemkab Kubu Raya. Sedangkan untuk kebutuhan anggaran pembangunan jembatan tergantung dengan bahan material yang digunakan.  

"Jika tiangnya hanya menggunakan kayu belian, kemudian dicor, saya pikir anggaran sebesar Rp 2 miliar sudah cukup, jika seluruhnya dicor beton akan memerlukan anggaran mencapai Rp 6 miliar," jelas dia.  

Bambang mengaku sering menerima proposal untuk pembangunan jembatan, namun untuk perbaikan dan pembangunan yang direncanakan melalui dana  APBN, hingga saat ini belum terealisasi. (jek/jee)
 

Baca Juga:
Kadis: Semua Sampah Diolah Menjadi Energi Listrik
Transmigrasi Nelayan, Kalbar Tunggu Instruksi Kemendes