Kodam Siap Sukseskan Program Cetak Sawah 1.500 Hektar di Kalbar

Kubu Raya

Editor sutan Dibaca : 757

Kodam Siap Sukseskan Program Cetak Sawah 1.500 Hektar di Kalbar
Ilustrasi. (SP/Ist)
KUBU RAYA, SP – Kodam XII Tanjungpura siap menyukseskan program cetak sawah yang dicanangkan Pemerintah Pusat, sebagai upaya pengentasan kemiskinan dan penanganan krisis pangan di Indonesia. Target perluasan sawah di Kalimantan Barat, pada tahun 2017, seluas 1.500 hektar, sedangkan di Kalimantan Tengah mencapai 1.600 hektar

"Total perluasan cetak sawah di dua provinsi ini seluas 3.100 hektar. Semoga program ini bisa terealisasi," harap  Brigjen TNI Ahmad Supriyadi, Kepala Staf Kodam XII Tanjungpura.

Dia mengungkapkan pihaknya juga telah menginstruksikan jajarannya melakukan evaluasi pencapaian program dan serta kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya untuk nantinya dilakukan perbaikan. Dampak perubahan iklim serta pemanasan global berkepanjangan, lahan pertanian yang semakin sempit, disertai bencana alam.

"Upaya peningkatan produktifitas pangan nasional belum dapat dicapai optimal,  sehingga berdampak terhadap pangan di Indonesia masih belum cukup kuat," tutur Brigjen Ahmad.


Sementara, Kapendam XII Tanjungpura, Kolonel Infanteri, Tri Rana Subekti mengatakan lahan yang digunakan  program cetak sawah berasal dari lahan milik masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani, lahan milik pemerintah, maupun pemanfaatan lahan tidur milik masyarakat yang sudah lama tidak dimanfaatkan.
 

"Namun yang paling banyak dilakukan untuk cetak sawah ini dengan membuka lahan baru," tuturnya.  

Program cetak sawah yang dilakukan TNI, kata dia merupakan bagian dari komponen bangsa wajib ikut serta dalam mensukseskan Program Ketahanan Pangan Nasional.
 

Sesuai dengan yang diamanatkan  Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tugas TNI Melalui Operasi Militer Selain Perang (OMSP),yaitu memberdayakan wilayah pertahanan dan membantu pemerintah di daerah.  

"Besar harapan kami melalui program cetak sawah yang kami lakukan, dapat meningkatkan produktivitas pertanian di Kalimantan Barat, termasuk Kubu Raya," harapnya. (jek/jee)


Baca Juga:
155 Pejabat Eselon III dan IV Pemkab Sambas Dilantik
17 TKA di Landak Terdaftar, Perusahaan Pertambangan Belum Lapor 
TKA di Landak Belum Urus Dokumen Kependudukan