Ini Sebab Dana Sertifikasi Guru Non PNS Kemenag Kubu Raya Belum Cair

Kubu Raya

Editor sutan Dibaca : 1167

Ini Sebab Dana Sertifikasi Guru Non PNS Kemenag Kubu Raya Belum Cair
Ilustrasi (SP/Ist)
KUBU RAYA, SP – Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kubu Raya, Andi Ja'far mengatakan keterlambatan pencairan dana tunjangan sertifikasi guru non Pegawai Negeri Sipil (PNS) karena kekurangan dana yang dimiliki.

"Bukan karena kesenjangan. Kami akan berupaya mencarikan solusinya dengan mengusulkan kembali ke pusat. Kami juga meminta maaf sebesar-besarnya kepada semua guru non PNS," katanya.

Andi Ja’far menuturkan upaya yang dilakukan bukan berarti akan menjadi jaminan waktu pencairan segera dilakukan.
"Kita hanya bisa berusaha semaksimal mungkin, kita tidak bisa menjamin kapan bisa terealisasi," jelasnya.

Sebelumnya, puluhan guru non PNS Kemenag Kubu Raya yang telah menyelesaikan tahapan sertifikasi guru selama delapan bulan, mulai  tahun 2015 hingga 2016 belum mendapatkan pembayaran dana sertifikasi.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kubu Raya, Yuslanik mengharapkan  Kemenag Kubu Raya segera menyelesaikan permasalahan tersebut, dan melakukan koordinasi bersama Kanwil Kemenag Provinsi Kalbar, sehingga menemukan solusi bersama dan dapat dicarikan jalan keluarnya.  

Menurutnya,   selama ini koordinasi yang terbangun antara guru non PNS Kemenag Kubu Raya belum maksimal sehingga perlu dilakukan peningkatan.

"Jadi ketika terjadi permasalahan, termasuk permasalahan mengenai tunjangan ini bisa dikoordinasikan dengan baik," terangnya.

Sementara,  anggota Komisi IV DPRD Kubu Raya, Hamdan juga mengharapkan agar permasalahan ini bisa segera diselesaikan. Selain itu,  jika diperlukan, pihaknya siap untuk mengawal permasalahan ini.

“Guru maupun pihak Kemenag sedapat mungkin untuk meningkatkan kinerjanya, dan hak-hak juga harus bisa diterima setelah kewajibannya dilaksanakan dengan baik," terangnya.

Menurut Hamdan, keterlambatan pembayaran tunjangan sertifikasi guru non PNS Kemenag di Kubu Raya merupakan yang pertama kali terjadi di Indonesia.  (jek/jee)

Baca Juga:
Kasus Ijazah Palsu Kades, Disdik Melawi Bantu Pengusutan 
Pemkot Masih Kaji Jalur Kapal Feri di Nipah Kuning
Dua Desa di Sekadau Hilir Diterjang Banjir