Kubu Raya Bangun 700 Hektar Hutan Jati Borneo

Kubu Raya

Editor Soetana hasby Dibaca : 1771

Kubu Raya Bangun 700 Hektar Hutan Jati Borneo
Ilustrasi
KUBU RAYA, SP – Koperasi Serba Usaha Sui Siloam dan PT. Berkat Agro Alam Sejahtera (PT. BAAS) menandatangani kontrak kerja sama  perkebunan hutan tanaman rakyat  dengan jenis Jati Borneo atau  lebih dikenal dengan sebutan Jabon, seluas 700 hektar.

Direktur PT. BAAS Werry Syahrial mengungkapkan, program perkebunan hutan tanaman rakyat  adalah program penghijauan, merupakan kebijakan Pemerintah Pusat, dan PT. BAAS sebagai pelaksana di Provinsi Kalimantan Barat.

Disebutkannya, program itu akan dilakukan secara bertahap di wilayah Provinsi Kalimantan Barat, dengan target luas satu juta hektar.

Menurut Werry, dalam kurun waktu lima tahun, mitra mereka akan menerima hampir Rp1,8 miliar per kepala keluarga.

“Itu sudah hasil bersih, sudah dipotong dengan biaya operasional, pemeliharaan, maupun bagi hasil dengan perusahaan. Masyarakat juga dibolehkan untuk menanam tanaman lain untuk menambah penghasilan. Jadi, nantinya mereka akan menjadi miluner atau bos di tanahnya sendiri," tegas Werry.

Ketua Koperasi Serba Usaha Sui Siloam Desa Kubu, Martinus Ayub meyakini dengan kerja sama ini, anggota koperasi 150 orang, kesejahteraan anggota koperasi akan meningkat. Kerja sama ini juga  membuka lapangan pekerjaan baru bagi warga Kubu Raya.

"Inilah yang kami inginkan.  Akhirnya desa sejahtera akan terwujud," kata Ayub.

Penandatanganan kontrak kerja sama itu, dilakukan akhir pekan lalu, disaksikan Fungsional BPHP Wilayah VIII Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Riyanto. (jek/jee)

Baca Juga:
Oesman  Sapta, Atasi Tantangan Berat Bangsa Diperlukan Sikap Kenegarawanan
Sertifikasi Ustadz, Komisi V DPRD Kalbar Dukung Rencana Menteri Lukman
11 Februari 2017, Presiden Jokowi Hadiri Cap Go Meh di Kota Singkawang