Kapolda Baru Diharap Mampu Atasi Kasus Karhutla di Kubu Raya

Kubu Raya

Editor hendra anglink Dibaca : 465

Kapolda Baru Diharap Mampu Atasi Kasus Karhutla di Kubu Raya
Ilustrasi (SP/Net)
KUBU RAYA, SP – Kapolda Kalbar Brigjen Pol Erwin Triwanto yang baru saja dilantik diharapkan mampu memberantas  berbagai bentuk tindak kejahatan terutama terhadap pelaku-pelaku pembakar hutan dan lahan (Karhutla).

Ketua Forum Peduli Lingkungan (FP2L) Kubu Raya, Edi Suhairul mengatakan, setiap tahun selalu terjadi kebakaran hutan dan lahan, dan ini seringkali dilakukan dengan cara disengaja.

“Kami berharap Kapolda Kalbar yang baru ini dapat memberantasnya, karena selama ini hal ini seringkali luput dari pantauan kepolisian," kata Edi, Jumat (5/5).

Menurut Edi,  Kabupaten Kubu Raya menjadi sati di antara yang berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan. Ada dugaan masyarakat seringkali hanya dimanfaatkan oleh pihak perusahaan perkebunan untuk membuka lahan.


"Semestinya yang seperti ini yang dilarang dan ditangkap, jangan hanya berlaku pada petani kecil saja. Jika petani yang membakar lahan dalam jumlah kecil juga dilarang,” jelasnya.

“Pemerintah bisa harus bisa memberikan solusi dan pemahaman kepada mereka cara bertani atau membuka lahan dengan cara tidak dibakar," imbuhnya. (jek)