Percepatan Pembangunan Desa

Kubu Raya

Editor Syafria Arrahman ST Raja Alam Dibaca : 500

Percepatan Pembangunan Desa
Ucapan Selamat - Bupati Kubu Raya, Rusman Ali memberikan ucapan selamat kepada peserta pelatihan penyusunan program dan implementasi Dana Desa dan Anggaran Dana Desa, belum lama ini. (suara pemred/jaka iswara)
KUBU RAYA, SP - Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kubu Raya memberikan edukasi dan pendampingan terhadap sejumlah kepala desa, perangkat desa dan pemberdayaan masyarakat desa terkait peranannya dalam mempercepat pembangunan desa.

Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Dedi Yardi pelatihan dan pendampingan serta penguatan terhadap percepatan pembangunan masyarakat Desa melalui program-program Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) yang dilakukan merupakan agenda resmi dari Kementerian Desa dan Transmigrasi.

"Ini adalah dalam rangka menyamakan persepsi serta memberikan penguatan dan edukasi terhadap Kades, perangkat desa dan pemberdayaan masyarakat desa agar dalam menyusun program dan implementasi Dana Desa dan ADD, benar-benar berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa," terang Dedi Yardi, belum lama ini

Sementara Bupati Kubu Raya, Rusman Ali meminta para peserta pelatihan menjadi motivator bagi masyarakat dalam menggerakan pertumbuhan ekonomi masyarakat desa.

"Apalagi dengan semakin besarnya Dana Desa dan ADD, mestinya mampu mendongkrak kemajuan pertumbuhan ekonomi masyarakat di desa," ujar Rusman Ali.

Rusman Ali juga mengharapkan kepala desa dapat berperan aktif dalam menggerakkan ekonomi masyarakat melalui pembinaan dan program-program pengembangan. Menurut dia, dengan besaran Dana Desa dan ADD seharusnya mampu mendorong kemajuan masyarakat desa lebih cepat.

Selain itu ia juga meminta Pemerintah Desa melakukan terobosan pelayanan dan pemberdayaan serta melakukan inovasi program yang bersinergi dengan program pemerintah kabupaten.

"Kepala desa dan perangkat desa harus melakukan inovasi dan terobosan program yang berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi masyarakat desa dengan bersinergi bersama program-program Pemkab Kubu Raya," harap Rusman Ali. (jaka iswara/jee)