Mudik Lebaran, Penumpang di Supadio Membludak

Kubu Raya

Editor Kiwi Dibaca : 415

Mudik Lebaran, Penumpang di Supadio Membludak
Padat – Sejumlah penumpang memadati bandara udara menjelang waktu mudik lebaran. Peningkatan jumlah Penumpang diperdiksi juga akan terjadi pada Bandar Internasional Supadio Pontianak.
KUBU RAYA, SP – PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Supadio Pontianak memprediksi lonjakan arus penumpang di bandara akan terjadi sepekan sebelum dan sesudah lebaran. General Manajer Angkasa Pura II, Bayuh Iswantoro memperkirakan angka kenaikan penumpang akan mencapai 11,5 persen dari hari biasanya.

“Menjelang lebaran tahun 2017 ini diperkirakan akan terjadi lonjakan penumpangan sebanyak 11,57 persen,” kata Bayuh, belum lama ini.
Puncak kenaikan penumpang di bandara saat mudik lebaran nanti, dilanjutkan Bayu akan terjadi pada H-4 sebelum lebaran hingga H+5 setelah lebaran. Untuk jumlah penumpang diperkirakan mencapai 11-12 ribu penumpang perharinya.

"Kalau hari-hari biasa jumlah penumpang hanya sekitar 7 ribu hingga 10 ribu," tuturnya.
Untuk mengatisipasi lonjakan dan agar pelayanan yang diberikan kepada penumpang tetap maksimal, Bayuh mengatakan pihaknya akan mendirikan posko terpadu yang akan membantu melayani pengecekan kesehatan para penumpang.

“Selain pengecekan kesehatan juga ada hiburan untuk penumpang," kata Bayuh.
Pihak yang nantinya bertugas di posko terpadu berasal dari pejabat dan petugas bandara, Airnav Indonesia, anggota Pangkalan Udara (Lanud) Supadio, Paskhas, Polsek Bandara, Kesehatan Pelabuhan, Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar dan pihak terkait lainnya.

Sementara Manager Operasional, Angkasa Pura II Bandara Supadio Pontianak, Zulbrito Radikar menyebutkan, hingga  saat ini pihaknya mempersiapkan sejumlah langkah untuk menghadapi peningkatan arus mudik lebaran tahun 2017.
"Menjelang lebaran tentunya berbagai persiapan dilakukan, salah satunya melakukan penebalan aspal pada landasan pesawat," terangnya.

Menurut Zulbrito, saat ini beberapa maskapai penerbangan telah mengajukan extra flight (penerbangan tambahan) dalam persiapan menghadapi arus mudik lebaran.
“Karena memang dipastikan akan terjadi lonjakan penumpang untuk arus mudik atau arus balik nantinya," ujarnya. (jek/jee)