Peralatan Keamanan Transportasi Minim

Kubu Raya

Editor Kiwi Dibaca : 654

Peralatan Keamanan Transportasi Minim
Pelampung Keselamatan – Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus menunjukan pelampung keselamatan yang wajib ada di trasportasi air saat meninjau posko terpadu di Dermaga Rasau Jaya, Selasa (20/2). suara pemred/jaka iswara
KUBU RAYA, SP - Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus didampingi Kapolsek Rasau Jaya, Iptu Kusuma Wibawa meninjau posko terpadu dan kondisi arus mudik hari raya Idul Fitri di Deramaga Rasau Jaya, Selasa (20/2). Peninjaun dilakukan untuk mengetahui kesiapan keamanan transportasi angkutan air memberikan pelayanannya kepada masyarakat.

“Kita ingin memastikan perlengkapan keamanan dan kelayakan transportasi saat nanti melayani masyarakat saat mudik Idul Fitri,” katanya. Dari hasil peninjauan yang dilakukan, menurut Hermanus, masih ditemukan angkutan yang kurang maksimal menyediakan peralatan keselamatan untuk penumpangnya.

“Saya lihat memang sudah ada alat keselamatan untuk penumpang, namun jumlahnya masih kurang,” katanya. Menurut Hermanus, pemilik transportasi angkutan air harus mengutamakan keselamatan penumpangnya. Apalagi saat peningkatan jumlah penumpang saat arus mudik Idul Fitri.

"Kalau kita perhatikan memang sudah relatif aman, namun saya berharap kepada kapolsek dan camat untuk terus melakukan pemantauan," tegasnya  

Keberadaan dermaga di Rasau Jaya dinilai Hermanus sudah cukup resperentatif meskipun masih banyak yang perlu ditingkatkan untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat pengguna dermaga.
"Yang jelas dermaga ini merupakan salah satu aset Kubu Raya untuk dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat," yakinnya.

Kepada penumpang ia juga berpesan agar tidak memaksakan diri menaiki angkutan air yang sudah melebihi kapasitasnya guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.   Hadirnya Posko terpadu di Dermaga Rasau Jaya diharapkan akan semakin membantu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat dan dapat memantau dan memeriksa armada air yang beroperasi di deramaga.

"Apa bila hasil pemantauan dan pengecekan ada kapal motor yang tidak memenuhi standar, tentu akan diberikan peringatan," tuturnya
Di tempat yang sama, Kapolsek Rasau Jaya, Iptu Kusuma Wibawa menuturkan pembentukan posko terpadu dilakukan sejak 19 Juni 2017 dan melibatkan masyarakat secara suka rela.

“Posko ini nanti terus ada hingga 4 Juli mendatang,” jelasnya. Dari pantauan yang dilakukan petugas posko terpadu, arus mudik di Dermaga Rasau Jaya semakin hari semakin meningkat. Karena itu, Kusuma mengimbau masyarakat untuk lebih waspada.

"Patroli di wilayah dermaga juga semakin kita giatkan, untuk patroli di perairan kita serahkan ke anggota Polair,” pungkasnya. (jek/jee)