Pemkab Serahkan 90 Persil Sertifikat Proda

Kubu Raya

Editor Kiwi Dibaca : 475

Pemkab Serahkan 90 Persil Sertifikat Proda
Serahkan Sertifikat – Bupati Kubu Raya, Rusman Ali saat menyerahkan sertifikat tanah dari program daerah kepada warga di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Selasa (11/7). suara pemred/jaka iswara
KUBU RAYA, SP – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menyerahkan 90 persil sertifikat tanah program daerah (Proda) kepada warga di Desa Mekar Sari, Kecamatan Sungai Raya. Penyerahan sertifikat dilakukan simbolis oleh Bupati Kubu Raya, Rusman Ali di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Selasa (11/7).  

Menurut Rusman Ali, penerbitan sertifikat tanah untuk masyarakat kurang mampu melalui proda dilakukan setiap tahun oleh Pemkab Kubu Raya. Hal tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat agar tanah mereka mempunyai kepastian hukum.   “Karena jika hanya mempunya SKT atau SPT tentunya tidak mempunyai kepastian hukum," ujar Rusman Ali.  

Penerbitan sertifikat melalui Proda kata Rusman Ali memang difokuskan pada warga Desa Mekar Sari karena warga di desa ini notabenenya merupakan warga relokasi (pengungsi) dari Kabupaten Sambas tahun 2000 lalu.  

"Saya minta kepada warga yang belum memiliki sertifikat untuk melakukan sertifikasi, sehingga ke depannya tidak lagi terjadi permasalahan dengan tanahnya," kata Rusman Ali mengingatkan.  

Selain itu, Rusman Ali juga meminta kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kubu Raya tahun ini memproses sertifikat tanah yang belum diterbitkan. Kepada warga relokasi diminta segera melengkapi data-data agar proses bisa segera dilakukan   "Agraria tidak akan melakukan pengkuran jika data-data belum disiapkan dan belum lengkap. Mayarakat harus menyiapkan dokumen yang diperlukan seperti PPB dan BPHTB," katanya.  

Sementara Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kubu Raya, Sigit Wahyudi menyambut baik Proda yang dilakukan Pemkab Kubu Raya. Karena menurutnya hal tersebut merupakan perwujudan dari nawacita Presiden RI untuk mempercepat sertifikasi tanah.  

"Kami juga akan segera memproses, asalkan semua berkas sudah lengkap dan tidak sengketa," ujar Sigit   Ia memaparkan, penerbitan sertifikat melalui Proda dapat diselesaikan dalam jangka waktu tiga bulan jika persyaratan sudah dipenuhi, dan tidak terjadi sengketa tanah, dengan diawali surat perjanjian kerja sama antara BPN dengan Pemkab Kubu Raya sebagai dasar penerbitan sertifikat.  

Selain penyerahan sertifikat, pada hari itu juga dilakukan penyerahan bantuan sosial program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) kepada Kelompok Keswadaya Masyarakat (KKM) Pancur Emas, Desa Sungai Kupah, Kecamatan Sungai Kakap sebesar Rp245 juta, KKM Jaya Makmur, Desa Sumber Agung, Kecamatan Batu Ampar sebesar Rp350 juta, KKM Jeruju Berkah, Desa Jeruju Besar, dan KKM Kecamatan Sungai Kakap sebesar Rp245 juta.
  Juga dilakukan penyerahan bantuan hibah kepada Pondok Pesantren Darul Ulum sebesar Rp300 juta dan kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Kubu Raya sebesar Rp700 juta. (jek/jee)