Langganan SP 2

Dewan Croscek Kabar 100 Siswa Tak Naik Kelas

Kubu Raya

Editor Kiwi Dibaca : 434

Dewan Croscek Kabar 100 Siswa Tak Naik Kelas
Meninjau – Sejumlah Anggota Komisi IV DPRD Kubu Raya saat meninjau SDN 64 Sungai Raya di Jalan Aparatur Negara Komplek Korpri, Desa Sungai Raya Dalam, Kecamatan Sungai Raya, Selasa (18/7). suara pemred/jaka iswara
KUBU RAYA, SP - Sejumlah anggota Komisi IV DPRD Kubu Raya meninjau Sekolah Dasar Negeri (SDN) 64 Sungai Raya di Jalan Aparatur Negara Komplek Korpri, Desa Sungai Raya Dalam, Kecamatan Sungai Raya, Selasa (18/7).   Peninjauan dilakukan untuk memastikan kebenaran informasi masyarakat yang menyebutkan lebih dari 100 siswa di sekolah tersebut tidak naik kelas pada tahun ajaran 2017/2018.  

"Kami cukup kaget mendengar informasi yang mengatakan lebih dari 100 siswa tidak naik kelas, untuk itu kami meninjau langsung untuk mengkonfirmasi kebenarannya," ujar Ketua Komisi IV DPRD Kubu Raya, Yuslanik.  

Berdasarkan klarifikasi yang disampaikan pihak sekolah, dari total 545 siswa, 79 siswa dinyatakan tidak naik kelas. Kondisi ini diakui Yuslanik sangat memprihatinkan, karena seharusnya tidak boleh terjadi di dunia pendidikan, terlebih pada tingkatan pendidikan sekolah dasar.  

"Harus dievaluasi menyeluruh. Peran semua pihak juga harus terlibat mulai dari guru, dinas pendidikan, orang tua siswa, masyarakat maupun DPRD, sehingga didapati solusi terbaik untuk ke depannya," ujarnya. 
  Menurut Yuslanik, berdasarkan hasil peninjauan dan audensi yang dilakukan dengan pihak sekolah, tidak naiknya siswa disebabkan kurangnya komunikasi antara wali siswa terutama orang tua siswa dengan guru pengajar.  

"Guru juga sebenarnya harus bertanggung jawab, apa lagi SDN 64 ini berada di kawasan perkotaan yang gurunya sudah lebih dari cukup jika dibandingkan dengan sekolah di pedesaan," ujar Yuslanik.   Yuslanik menambahkan, DPRD Kubu Raya khususnya Komisi IV memberikan jangka waktu selama satu tahun ajaran, jika dalam satu tahun ajaran masih juga terdapat banyak siswa yang tidak naik kelas, maka pihaknya akan merekomendasikan untuk dilakukan rotasi dan mutasi guru-guru yang mengajar di SDN 64 Sungai Raya.  

"Jika masih terjadi seperti ini, tahun yang akan datang kami akan merekomendasikan ke Dinas Pendidikan untuk merotasi dan memutasi semua guru-guru yang ada di sini," tegasnya.   Kepala Sekolah Dasar Negeri 64, Yanuardi Eko Sumartono mengungkapkan, tidak naiknya 79 siswa karena disebabkan nilai siswa yang tidak memenuhi kreteria.  

"Ini bukan menjadi keinginan kami, kami juga sudah sudah berupaya semaksimal mungkin, dan kami juga tidak bisa juga memaksa menaikan siswa jika nilainya tidak layak," jelas Yanuardi.   Selama ini kata dia, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya agar siswa mendapatkan nilai yang lebih baik, bahkan setiap tiga bulan, pihaknya melakukan evaluasi bersama dengan orang tua siswa untuk mengetahui kekurangan anaknya.  

"Namun tetap saja seperti itu, bahkan ada siswa yang pernah tidak pernah masuk selama 40 hari, namun orang tuanya minta anaknya dinaikkan," ujarnya. (jek/jee)