PAN Kubu Raya Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil

Kubu Raya

Editor Kiwi Dibaca : 310

PAN Kubu Raya Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil
PEMBUKAAN CALON - Ketua DPD PAN Kubu Raya, Sahrudin, SE, di dampingi Sekretaris, Herianto H. Rifai secara simbolis menyerahkan berkas pandaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya periode 2019-2024 kepada Ketua Tim Pilkada, Usman Rifai di dam
KUBU RAYA, SP - Partai Amanat Nasional (PAN) merupakan partai terbuka, tidak melihat apakah itu kader partai, masyarakat mana maupun partai apa. Dalam Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Kubu Raya, terpenting calon yang diusung merupakan putra-putri terbaik yang dapat membawa perubahan masyarakat dan pembangunan Kubu Raya lebih baik, maju dan sejahtera.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPD PAN Kubu Raya, Sahrudin, SE, di dampingi Sekretaris, Herianto H. Rifai, kepada wartawan saat membuka pendataran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya periode 2019 – 2024 di sekretariat partai, Jalan Parit Bugis I, samping Mako Brimop, Kamis, (20/7).


Pengambilan dan penyerahan berkas calon pendaftaran PAN dimulai 24 Juli hingga 2 Agustus di sekretariat partai, dari pukul 09.00 WIB hingga 15.30 WIB.
Dijelaskan mantan wakil rakyat Kubu Raya ini, PAN saat ini tidak boleh menutup diri. Partai hanya merupakan perahu untuk mengantarkan siapa yang dianggap layak menjadi pemimpin yang benar-benar memiliki jiwa dan tekad untuk mengabdi kepada rakyat dan berjuang untuk kepentingan masyarakatnya.

“Kalau itu bukan kader yang memiliki nilai jual dan memiliki SDM yang mampuni untuk membangun daerah tidak menutup kemungkinan PAN akan berjuang untuk mendukungnya. Begitu juga bila kader yang terbaik ada kita juga akan mengusung kadera tersebut,” tegas Sahrudin.

Tentunya menurut Sahrudin, untuk menentukan bakal calon tersebut, PAN tidak main-main dalam hal ini, karena menyangkut kelangsungan dan perkembangan masyarakat dan daerah di Kubu Raya.
“Kita akan melakukan survei yang bersih, jujur dan detil. Karena organisasi PAN tidak hanya ada di tingkat kecamatan saja, pengurusnya sudah siap untuk memantau, menilai dan berjuang hingga pelosok dusun di Kubu Raya. Jadi hasil survei akan dapat dilihat bakal calon mana yang layak dan pantas untuk kita usung,” tegas Sahrudin.

Untuk itu, Sahrudin berharap pendaftaran yang akan dilakukan DPD PAN dapat benar-benar menghasilkan putra putri yang lebih baik dan layak bagi masyarakat.
“Saya menghimbau kepada putra putri terbaik di Kubu Raya, kader, simpatisan PAN, maupun kader dan simpatisan partai manapun jangan sungkan mendaftar dan ikut serta menjadi bakal calon yang diusung DPD PAN Kubu Raya. Saya berharap PAN dapat menelurkan pemimpin yang terbaik, pemimpin pilihan rakyat sendiri, dan pemimpin yang memiliki kemampuan untuk membangun Kubu Raya lebih maju dan sejahtera ke depannya,” harap Sahrudin.

Sementara itu Ketua Tim Pilkada, DPD PAN Kubu Raya, Usman Rifai menambahkan, pembukaan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya berdasarkan instruksi DPW PAN Kalbar, serta hasil rapat Tim Pilkada  menyangkut Pilkada di lima kabupaten dan kota pada 17 Juli lalu.


“DPD PAN Kubu Raya diminta siap dan mempersiapkan pembukaan calon, maka kita akan memulainya Senin depan, dengan tujuan menjaring putra dan putri terbaik yang ada di Kubu Raya,” kata Usman.
Dalam pembukaan nanti, kata Usman dirinya akan dibantu beberapa anggota, antara lain Didik Nurmasita, Wellie, Bahtiar, Hawaliyah dan Amsyur.

Diakui Usman, PAN memiliki mekanisme penjaringan calon untuk diusung dan didukung sebagai peserta Pilkada. Menurutnya ada tahapan yang harus dilalui, selain persiapan dan pembukaan pendaftaran, nantinya bakal calon akan diverifikasi yang dijadwalkan pada 1-4 Agustus mendatang.
“Balon yang lulus verifikasi adalah yang telah memenuhi persyaratan administrasi. Setelah itu barulah kita melakukan survei internal partai,” jelas Usman.

Dari hasil survei inilah kata Usman, akan ditetapkan siapa-siapa bakal calon, melalui rapat harian DPD bakal calon yang nantinya dibawa ke DPW PAN dan selanjutnya diteruskan ke DPP.
“Untuk memilih pasangan calon terlebih dahulu dilakukan rapat harian DPW berdasarkan hasil rapat DPD.

Barulah ditetapkan pasangan calon yang ditentukan DPP dengan memperhatikan hasil rapat DPD dan DPW. Sekurang-kurangnya dua minggu sebelum tahapan pendatraran ke KPD,” papar Usman. Untuk formasi pendaftaran lengkap dapat menghubungi Ketua Tim Pilkada, DPD PAN Kubu Raya, Usman Rifai di nomor 085654865426/08115659969. (lam/jee/biz)