Soal OTT Kades, APDESI Singgung Pemkab Perlu Tingkatkan Pengawasan

Kubu Raya

Editor Andrie P Putra Dibaca : 324

Soal OTT Kades, APDESI Singgung Pemkab Perlu Tingkatkan Pengawasan
ilustrasi OTT. net
KUBU RAYA, SP - Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Indonesia (APDESI) Kubu Raya, Matlias menilai kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap  Kepala Desa Jeruju Besar, Nu oleh tim Saber Pungli harus menjadi pelajaran semua pihak terutama bagi kades-kades di Kubu Raya.
"Ini tentunya jadi peringatan agar lebih berhati-hati dan teliti lagi dalam berbagai hal. Sedapat mungkin kita menghindarai tindakan yang sangat berpotensi dalam pelanggaran hukum dan aturan," ujar Ketua APDESI Kubu Raya,Matlias  ditemui di Sungai Raya, Senin (6/11)
Berkaca dari hal tersebut, dia juga meminta Pemkab dapat memberikan pengawasan intensif terkait pengawasan terhadap kades.
"Peran serta dari pemerintah daerah juga kita harapkan dalam melakukan pembinaan dan pengawasan, bagaimana seharusnya kepala desa dalam menjalankan tata kelola desa terutama yang berkaitan dengan anggaran," katanya
Menurutnya, seluruh kades harus bisa dan mampu melaksanakan dan menjalankan roda pemerintahan desa sesuai dengan aturan dan undang-undang yang telah ditetapkan, sehingga terhindar dari jeratan hukum.
Dalam mengeluarkan suatu kebijakan, kades mesti membuat Perdes terlebih dahulu, jika kebijakan terutama pungutan sudah mengacu pada Perdes maka tidak akan menjadi suatu permasalahan karena memang dibenarkan. (jek)