PNS Dukung Rusman Ali di Pilbup, Ini Kata Plt Sekda Kubu Raya

Kubu Raya

Editor Andrie P Putra Dibaca : 542

PNS Dukung Rusman Ali di Pilbup, Ini Kata Plt Sekda Kubu Raya
Bupati Kubu Raya, Rusman Ali. (Net)
KUBU RAYA, SP - Beberapa waktu lalu, sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS), turut dalam aksi mendesak Rusman Ali untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)  Kubu Raya, bahkan ada yang siap melepas jabatannya sebagai PNS demi mendukung Rusman Ali.

Menanggapi hal ini, Plt Sekretaris daerah (Sekda) Kubu Raya, Odang Prasetyo mengutarakan masih membenarkan PNS ikut dalam kegiatan politik itu.

Pasalnya belum ada penetapan sebagai calon dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan kegiatan tersebut masih dalam tatanannya, sehingga kepada PNS yang bersangkutan belum dapat diberikan sanksi.

"Selama belum ada penetapan sebagi calon, PNS menyampaikan kepada masyarakat tentang program-program yang baik, silahkan saja belum termasuk pada pelanggaran disiplin," ujar Odang, kemarin. 

Odang menjelaskan, jika sudah ditetapkan sebagai calon, maka PNS tidak diperkenankan memakai kaos yang menunjukkan dukungan sebagai salah satu calon, kemudian PNS tidak diperbolehkan berada di atas panggung dan ikut berorasi untuk mendukung salah satu calon.

"Sejak penetapan calon dari KPU, hal itu tidak diperbolehkan lagi, jadi aksi itu masih belum melanggar disiplin," ujarnya.

Disiplin pegawai untuk PNS atau ASN kata Odang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor  53  Tahun 2010, bagi PNS yang melanggar aturan tentang disiplin pegawai itu, tentunya akan diberikan sanksi mulai dari sanksi ringan, sedang dan berat.

"Berkaitan dengan politik, mesti dipilah dulu, karena mesti mengacu pada surat edaran Mendagri dan KPU," pungkasnya.

Pada aksi ratusan masyarakat yang mendesak Bupati Kubu Raya, Rusman ali beberapa waktu lalu, ada sejumlah PNS yang turut dalam aksi itu. 

Di antaranya ada sejumlah kepala dinas di Kubu Raya bahkan ada PNS yang yang menyampaikan siap melepas jabatannya sebagai PNS untuk mendukung Rusman Ali.

"Saya siap melepas jabatan saya sebagai PNS, dan saya tetap mendukung Rusman Ali, karena kami sudah merasakan bagaimana Kubu Raya sejak dipimpin Rusman Ali," ujar seorang PNS Kubu Raya, Sukarman. (jek)