Dampak Program Imbal Swadaya

Kubu Raya

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 252

Dampak Program Imbal Swadaya
BANGUN JALAN – Tampak sejumlah warga gotong-royong membangun jalan lingkungan berlanjut di Gang Along, Desa Kuala Dua, Minggu (3/11). Program Imbal Swadaya Kubu Raya dirasa mampu tingkatkan silaturahmi warga. (Kuburayaonline.com)

Tingkatkan Rasa Gotong-royong Antar Warga


Adanya Program Imbal Swadaya menjadi media pemersatu bagi masyarakat untuk bersilaturahmi dalam bekerja. Seperti terlihat di pembangunan jalan lingkungan berlanjut di Gang Along Desa, Kuala Dua, Minggu (3/11).

SP - Pasalnya kebersamaan seperti itu jarang tercipta sebelumnya, lantaran masyarakat sibuk bekerja dan saat hari libur mereka beristirahat di rumah atau keluar.

“Ya, kita jadi sering bertemu menambah keakraban satu sama lainnya,” kata Marhaki seorang warga.

Menurutnya, pemerintah sangat tepat memberikan Program Imbal Swadaya. Sebab, selain bisa untuk membangun juga mampu membangun kekeluargaan antar warga.

“Kita sangat setuju sekali dengan program ini. Apalagi dengan ini kita bisa bersama-sama membangun dan mengetahui kualitas pembangunan itu sendiri,” ungkapnya, seperti dikutip Kuburayaonline.com.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Kuala Dua Mathuri mengungkapkan seluruh warga ditempatnya secara bergantian melakukan gotong-royong. Sehingga kebersamaan selalu terjadi.

“Warga di sini sangat kompak sekali. Gotong-royong menjadi media bagi kita semua untuk merajut silaturahmi,” katanya.

Untuk itulah, masyarakat sangat mendukung adanya ini sebagai upaya membangun dan pemersatu mempererat antar masyarakat.

“Pembangunan ini dilakukan bersama karena kita juga yang bakal menggunakannya. Jadi semuanya dilaksanakan berdasarkan kebersamaan. Tanpa memandang perbedaan,” pungkasnya.

Guna percepatan pembangunan infrastruktur jalan lingkungan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya memiliki sebuah program unggulan. Yakni program Imbal Swadaya. 

Pengerjaan proyek pembangunan jalan melalui program tersebut melibatkan masyarakat secara langsung. Saat ini Program Imbal Swadaya sudah berjalan. 

Sejauh ini Program Imbal Swadaya telah menyasar ke sebanyak 1.742 RT, yang tersebar di enam kecamatan di Kubu Raya. Dimana program tersebut diperuntukkan khusus membangun jalan lingkungan masyarakat.

"Bantuan ini bukan kita berikan dalam bentuk uang.  Tetapi bahan material bangunan seperti semen, pasir dan material lainnya untuk pembangunan jalan lingkungan," kata Bupati Kubu Raya, Rusman Ali belum lama ini. (kro/abdul/ang)