Tim Ekspedisi Survielans Temukan Empat Penyakit Ini Terbanyak di Kalbar

Kubu Raya

Editor Andrie P Putra Dibaca : 199

Tim Ekspedisi Survielans Temukan Empat Penyakit Ini Terbanyak di Kalbar
Ilustrasi terserang penyakit. (net)
PONTIANAK, SP - Tim Ekspedisi Survielans Kalimantan dibawah Direktorat Pengendalian Penyakit tiba di Puskesmas Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Rabu (6/12). Mereka pun menggelar pengobatan gratis jenis Penyakit Tidak Menular (PTM) untuk masyarakat.

Kepala Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit  Banjarbaru, Unit Pelaksana Teknis  Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian penyakit Kemenkes RI, Naning Nugrahini mengatakan, kegiatan ekspedisi itu tidak hanya besifat bakti sosial saja.

Namun kegiatan ekspedisi juga turut melakukan pemantauan jenis penyakit yang ditemui di wilayah Kalimantan. Dia mengatakan, penyakit yang relatif banyak ditemui di Kalbar yakni seperti  Rabies, DBD, TB, Diare dan HIV.

"Jadi setelah kegiatan ini, kami akan membuat suatu laporan tentang strategi pencegahan penyakit untuk bisa dicegah secara bersama-sama," katanya.

Tim Ekspedisi Survielans sendiri telah bergerak dari Balik Papan Kalimantan Timur, dan berakhir di Kubu Raya Kalbar. (abd)