Kubu Raya Kekurangan Tenaga Teknis

Kubu Raya

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 166

Kubu Raya Kekurangan Tenaga Teknis
Ilustrasi. Net

Kusyadi Damba Perekrutan CPNS Baru 


Kepala Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kubu Raya, Kusyadi mengungkapkan, jumlah tenaga pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya sudah hampir ideal. 

SP - Namun, jumlah PNS yang usianya mendekati masa pensiun juga relatif banyak. Bahkan per tahun, PNS yang pensiun berkisar mencapai ratusan pegawai. 

"Per tahun itu, (PNS yang pensiun) mencapai 170an orang. Sementata PNS yang masih muda juga terbatas. Ini yang harua kita tata lagi," kata Kusyadi, kemarin.

Menurutnya, hal itu lah yang kemudian menyebabkan tenaga pegawai pemerintahan tak pernah tercukupi. Dia mengatakan, sampai saat ini tenaga teknis di sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) masih mengalami kekurangan.

Pasalnya, beberapa tahun belakangan, perekrutan CPNS oleh pemerintah pusat lebih memprioritaskan tenaga pendidik dan tenaga kesehatan. Sementara tenaga teknis tidak menjadi prioritas. 

"Jadi, sekarang kita kekurangan tenaga teknis," jelasnya. 

Soal kebijakan perekrutan CPNS di tahun 2018 ini, Kusyadi mengatakan, hal itu menjadi kewenangan pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan).

"Tahun 2018 ini informasinya ada perekrutan PNS. Dan kita sudah mengajukan formasi yang kita butuhkan. Mudah-mudahan usulan kita mendapat perhatian," pungkasnya. 

Sementara itu pemerintah akan membuka lowongan kerja bagi 100 ribu calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2018, baik di tingkat pemerintahan pusat maupun daerah.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur mengatakan jumlah pendaftar yang diterima nantinya adalah 50 persen atau separuh dari jumlah aparatur sipil negara yang pensiun di seluruh Indonesia.

Jumlah aparatur sipil negara yang pensiun sepanjang 2017-2018, kurang lebih mencapai 200 ribu orang. Sehingga proyeksi jumlah pendaftar yang diterima sebagai CPNS 2018 berkisar 100 ribu orang.

Asman belum merinci pos-pos apa saja nantinya yang bakal dibuka untuk pendaftaran CPNS. Tiap-tiap daerah kini masih dalam proses pengajuan formasi CPNS yang dibutuhkan kepada Kemenpan-RB.

"Kami berharap tahun 2018 akan menerima minimum 50 persennya, artinya lebih kurang 100 ribu lebih akan kami terima jadi PNS, termasuk Pemerintah Daerah," kata Asman. (abd/ang)

Komentar