Pelantikan 19 Kades Terpilih Digelar Januari 2018

Kubu Raya

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 201

Pelantikan 19 Kades Terpilih Digelar Januari 2018
TINJAU - Bupati Kubu Raya Rusman Ali dan Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus saat melakukan peninjauan langsung Pilkades di Desa Sungai Rengas, beberapa waktu lalu. (Ist)
KUBU RAYA, SP - Kepala Dinas Sosial dan Pembangunan Masyarakat Desa Kubu Raya Nursyam Ibrahim mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan pelantikan terhadap 19 kepala desa terpilih pasca digelarnya Pilkades di enam kecamatan, 17 Desember 2017 silam.

“Rencananya bila semua kelengkapan dan syarat dokumen lengkap, maka pelantikan serentak dapat dilaksanakan antara Minggu kedua sampai Minggu ke tiga Januari 2018,” ungkap Nursyam sambil mengatakan Pilkades kemarin berjalan dengan aman.

Nursyam mengatakan, syarat dan kelengkapan dokumen yang  harus dilakukan pihak desa sesuai dengan proses dan tahapan-tahapan penetapan Cakades terpilih, yakni PPKD (Panitia Pemilihan Kepala Desa), menetapkan calon Kades yang memperoleh suara terbanyak menyampaikannya kepada BPD beserta Berita Acara penghitungan suara paling lama tiga hari setelah pemilihan.

Dia menambahkan, BPD menetapkan calon Kades terpilih dan menyampaikan ke Bupati paling lama tujuh hari sejak diperoleh dari PPKD BPD ke Camat & dengan surat pengantar camat beserta seluruh kelengkapan dokumen ditujukan ke Bupati setelah diproses di Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas Sosial PMD) .

“Nanti Bupati menetapkan Kades terpilih maksimal 15 hari, dan dapat diperpanjang selama 15 lagi (apabila ada sengketa),” ucap Nursyam.

Hingga saat ini, belum ada laporan terkait permasalahan yang terjadi di lapangan, baik politik uang maupun permasalahan lainnya. 

“Kami berharap, hingga saat pelantikan, tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan. Pemilihan ini, kami lihat terbaik dan akan dijadikan percontohan oleh kabupaten lain,” kata Nursyam.

Sementara Bupati Kubu Raya Rusman Ali mengharapkan Pilkades serentak 2017 yang berlangsung di 19 Desa dapat menghasilkan pemimpin yang berkualitas di desa. Serta pemimpin yang bermoral dan berakhlak baik, sehingga dapat melakukan kepemimpinan dan dapat membuat kebijakan pembangunan yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat yang ada di desa.

“Kita harapkan agar hasil Pilkades 2017 ini menghasilkan kepala desa yang berkualitas dan bermoral serta berakhlak yang baik. Sehingga akan dapat bekerja dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik, membangun desa dan melahirkan kebijakan-kebijakan pembangunan yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat di desanya,” ujar Rusman Ali. (abd/ang)

Komentar