Kapal Bermuatan 16 Ton Ikan Karam di Perairan Muara Kubu

Kubu Raya

Editor Andrie P Putra Dibaca : 311

Kapal Bermuatan 16 Ton Ikan Karam di Perairan Muara Kubu
TENGGELAM - Kapal bermuatan 16 ton ikan gembung tenggelam di Muara Kubu. (ist)
KUBU RAYA, SP - Sebuah kapal laut dikabarkan mengalami kecelakaan di sekitr perairan  Muara Kubu, Jumat 12/1) sekitar pukul 01.40 wib, dini hari. Kepala Kantor SAR Pontianak, Hery Marantika membenarkan kejadian tersebut.

"Kapal yang tenggelam itu adalah kapal Km. Sinar Kakap GT 21, bermuatan ikan gembung sebanyak 16 ton, di sekitar perairan Muara Kubu,"ungkap Hary Marantika.

Menurutnya, sekitar pukul 10.00 wib Kamis kemarin, kapal tersebut berangkat datu Tanjung Satai, Kabapaten Kayong Utara, dengan tujuan Rasau jaya Kubu Raya.

Selanjutnya, sekitar pukul 00.50 wib, kapal tersebut sampai diperairan Muara Kubu ( tanjung kedah). Saat itu, hujan lebat pun turun. Tinggi ombak yang mencapai 2 meter pun menghantam kapal tersebut.

"Sekitar Pukul 01.20 wib, Nahkoda beserta Abk nya sudah berusaha menguras air dengan mesin penyedot air dan secara manual. Tapi air terus masuk akibat di hantaman gelombang. Dan sekitar pukul 01.40 wib Kapal tenggelam,"katanya.

Dia mengungkapkan, kejadian kapal tengelam tersebut diketahuinya dari anggota Marnit Muara kubu yang mendapat laporan dari pemilik kapal bernama Tong Seng.

Dari informasi itu lah kemudian dilakukan langkah cepat, untuk mengevakuasi korban dengan cara berkoordinasi dengan Kamla TNI-AL Muara Kubu dan warga untuk membantu crew kapal yanh karam tersebut  menggunakan speed boat, milik Marnit Muara Kubu dan speed warga setempat.

"Dan sekitar pukul  01.40 wib petugas sesampai di TKP. Kondisi kapal sudah dalam keadaan tenggelam. Semua crew kapal, sudah berada di anjungan kapal dan minta tolong, karena ada seorang Abk kapal yang mengalami kram,"ungkapnya 

Proses evakuasi pun berlangsung hingga Pukul 02.20 wib Jumat dini hari. Crew Kapal yang telah di evakuasi langsung di amankan di Marnit Muara Kubu, Dit polair Polda Kalbar.

"Jumlah ABK  kapal tenggelam tersebut sebanyak 8 orang. Nahkoda kapal bernama Kamil, semua korban dapat dan evakuasi dengan selamat,"tutupnya. (abd)