RSUD Kubu Raya Segera Dibangun di Rasau

Kubu Raya

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 300

RSUD Kubu Raya Segera Dibangun di Rasau
Kadis Kesehatan KKR, Berli

Dinkes Siapkan Proses Lelang Perencanaan


Kadis Kesehatan KKR, Berli
"Jadi kita lelang perencanaan dulu.  Setelah perencanaan selesai, baru dilaksanaan lelang fisiknya. Kalau untuk lelang sekarang, kita tinggal nunggu dari ULP nya. Kalau di ULP sudah siap,  ya tinggal dilaksanakan,"

KUBU RAYA, SP - Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Berli mengatakan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan lelang perencanaan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kubu Raya tipe D Pratama yang akan dibangun di Rasau Jaya, persis di pelabuhan Digdoyo.

"Mudah-mudahan proses lelangnya bisa segera, ya dalam waktu dekat ini," harapnya saat diwawancarai di Kantor Dinas Kesehatan Kubu Raya, Kamis (11/1).

Setelah proses lelang perencanaan dilaksanakan, maka tahapan selanjutnya yakni lelang pembangunan fisik.

"Jadi kita lelang perencanaan dulu.  Setelah perencanaan selesai, baru dilaksanaan lelang fisiknya. Kalau untuk lelang sekarang, kita tinggal nunggu dari ULP nya. Kalau di ULP sudah siap,  ya tinggal dilaksanakan," ucapnya. 

Dia menjelaskan, pembangunan  RSUD Kubu Raya tipe D Pratama itu, bukanlah proyek dengan penganggaran tahun jamak atau multy years. Bahkan, ditargerkan akhir tahun ini, RSUD tersebut akan selesai dibangun, sehingga bisa segera beroperasi melayani masyarakat Kubu Raya.

"Untuk pagu anggaran pembangunannya sebesar Rp38 miliar bersumber dari APBN. Anggaran itu sudah termasuk pembiayaan pembangunan fisik, dengan pengadaan alat kesehatan," jelasnya.

Berli pun memprediksi, proses pembangunan rumah sakit tersebut akan dimulai pada dua bulan ke depan, sepanjang tidak ada kendala dalam proses lelang perencanaan dan lelang fisik tersebut.

"Kalau pengerjaan fisik itu tadi,  kalau lelang perencanaan bisa awal dilakukan, kemungkinan Maret udah mulai bisa lelang fisik.  Setelah itu bari bisa dilakukan pembangunan. Perhitungannya, April sudah mulai penbangunan," katanya.

Dia menambahkan, dalam pembangunan rumah sakit tersebut, tidak hanya Dinas Kesehatan yang dilibatkan. Namun ada juga beberapa dinas terkait yang akan dilibatkan untuk membangunan sarana penunjang rumah sakit.

"Jadi, pembangunan rumah sakit Tipe D Pratama Kubu Raya, kita juga medapatkan dukungan penuh dari SKPD lainya. Termasuk dari Dinas PU,  terkait dengan pembangunan penerangan dan jalan.  Kemudian dari perhubungan akan membangun dermaga," pungkasnya. 

Soal pembangunan dermaga rumah sakit, Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Perhubungan Kubu Raya, Damhuri mengatakan anggaranya mencapai Rp500 juta. 

"Saat ini, kita tinggal menunggu ekspos dari Dinas Kesehatan terkait lelang perencanaan pembangunan rumah sakit. kalau itu sudah, baru bisa kita lelang," katanya. 

Sementara kegiatan pembangunan fisik dermaga tersebut tentu akan dilaksanakan secepatnya. 

"Sekarang ini untuk lelangnya kita sudah siap. Hanya saja kita tinggal menunggu dari Dinas Kesehatan. Karena leading sector pembangunan rumah sakit ada di mereka," pungkasnya.

Harus Sesuai Perencanaan


Sekretaris Komisi I DPRD Kubu Raya, Jainal Abidin berharap pembangunan RSUD Kubu Raya dapat berjalan lancar, sesuai dengan perencanaan yang teleh ditentukan. 

Menurutnya, keberadaan rumah sakit daerah di Rasau Jaya adalah lokasi yang cukup strategis. Karena bisa diakses melalui perairan. 

"Mudah-mudahan dengan rumah sakit itu nanti dapat memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah pesisir dengan baik, seperti dari Batu Ampar, Kubu, Terentang dan Teluk Pakedai," harapnya.

Politisi dari PKB ini juga berharap, pembangunan rumah sakit dapat dirampungkan dalam waktu setahun ke depan. Sehingga bisa segera beroperasi. 

"Ya mudah-mudahan pembangunannya nanti berjalan lancar. Tentu kita mengapresiasi apa yang telah dilakukan pemerintah ini, dalam rangka memberikan pelayanan di bidang kesehatan kepada masyarakat," pungkasnya. (abd/ang)

Komentar