Beras Lokal Kubu Raya Kurang Diminati Masyarakat

Kubu Raya

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 279

Beras Lokal Kubu Raya Kurang Diminati Masyarakat
Ilustrasi. Net
KUBU RAYA, SP - Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKMPP) Kubu Raya, Nora Sari Arani mengklaim, stok beras di Kubu Raya tidak pernah ada masalah. "Kita surplus," ucapnya, Kamis (18/1) kemarin. 

Hanya saja, yang menjadi masalah beras jenis medium produk lokal, kurang diminati masyarkat. "Padahal, beras medium ini sudah dikemas dengan baik," katanya.

Mengenai harga beras jenis medium memang harganya relatif tinggi. Kemudian, masyarakat sepertinya sudah terbiasa mengkonsumsi beras jenis premium.  

Sementara untuk stok beras jenis premium ini memang terbatas. "Jadi, untuk memenuhi kebutuhan stok beras premium ini,  kami sudah melaksanakan rapat dengan Kadis Perindag Provinsi. Jadi Bulog akan mengluarkan beras CBP (cadangan beras pemerintah). Itu sudah ditawarkan kepada kabupaten/kota yang berminat. SKPD kita sudah membuat surat ke distributor," ungkapnya. 

Oleh sebab itu, tinggal distributor saja apakah berminat menjual beras cadangan pemerintah tersebut. "CBP ini jenisnya juga sama, medium," katanya.

Dia pun kembali menegaskan, stok beras di Kubu Raya, tidak pernah ada masalah. Selalu cukup. Hanya saja yang terjadi selama ini, ada oknum yang menyimpan stok di gudang.

"Makanya Menteri Perdagangan itu mengingatkan dengan tegas, apabila ada pengusaha yang sengaja menimbun untuk mempengaruhi harga, maka izinnya akan dicabut. Makanya kita perkuat pengawasan. Tetapi di Kubu Raya belum ada distributor yang seperti itu," tutupnya. (abd/ang)

Komentar