Layanan Kesehatan Warga Kubu Raya Gratis

Kubu Raya

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 208

Layanan Kesehatan Warga Kubu Raya Gratis
Ilustrasi. Net
KUBU RAYA, SP - Bupati Kubu Raya H Rusman Ali meminta dengan Dinas Kesehatan agar terus melakukan peningkatan kualitas kinerja dan fasilitas layanan kesehatan di masyarakat, kemarin, usai menerima bantuan mobil ambulans dari Bank Kalbar.

“Pelayanan kesehatan harus lebih maksimal, saya harap pihak  kesehatan bisa meningkatkan kerjasama dengan masyarakat sekitar, sehingga jika sewaktu-waktu  hal-hal yang tidak diinginkan atau sejenisnya bisa segera ditangani,” kata Rusman.

Untuk memberikan kemudahan layanan kesehatan bagi masyarakatnya, Rusman Ali menegaskan pelayanan kesehatan yang diberikan di Kubu Raya, baik di  Puskesmas maupun di Rumah Sakit nantinya gratis bagi warga Kubu Raya.

“Jadi setiap warga asli Kubu Raya dan tentunya punya KTP Kubu Raya bisa berobat gratis di Puskesmas ini, dengan melengkapi sejumlah syarat yang telah ditentukan. Begitu juga, bagi warga yang ingin menggunakan ambulans, juga gratis. Tinggal koordinasi dengan penanggungjawab,” pungkasnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu berjanji akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang berkualitas, sehingga program  benar-benar merasakan manfaatkan oleh masyarakat.

“Pada dasarnya upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat ini sudah lama dilakukan, namun mulai tahun ini sistemnya diperbaharui dengan melakukan kunjungan langsung setiap rumah warga atau jemput bola, sehingga mengetahui keluhan-keluhan bisa diatasi dengan baik,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya Berli Hamdani.

Berli mengatakan, tahun lalu, pihak dinas kesehatan melakukan kunjungan ke rumah-rumah warga untuk mengecek langsung kondisi kesehatan masyarakat, sehingga kunjungan tersebut bisa tercapai hingga beberapa kecamatan.

“Minimal lima kecamatan yang dekat dengan  Ibu Kota Kabupaten diantaranya Kecamatan Sungai Raya, Sungai Kakap, Sungai Ambawang, Kuala Mandor B dan Kecamatan Rasau Jaya. Tapi kami terus tingkatkan hingga merata keseluruh Kecamatan,” ungkapnya.

Berli menambahkan, dengan dilakukannya langkah ini, maka masyatakat Kubu Raya dapat merasakan langsung manfaat dan keberadaan tenaga medis yang selalu memberikan pelayanan.

“Agar program ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, kita juga akan mengoptimalkan program bersama Dinkes Provinsi dan Kementerian Kesehatan. Sehingga semua program Kesehatan yang kita jalan bisa sinergi dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat,” paparnya. (abd/kro/ang)