357 Rumah di Kubu Raya Akan ‘Dibedah’

Kubu Raya

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 152

357 Rumah di Kubu Raya Akan ‘Dibedah’
Ilustrasi. Net
KUBU RAYA, SP - Tahun ini 2018, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya kembali mendapat jatah program bedah rumah. Kouta yang diberikan oleh pemerintah pusat untuk program bedah rumah di Kubu Raya berjumlah 357 unit.

Bupati Kubu Raya, Rusman Ali menegatakan, program bedah rumah tersebut akan diberikan ke masyarakat kurang mampu yang tersebar di lima desa, di tiga Kecamatan yang berbeda-beda.

Dijelaskannya, Kubu Raya merupakan daerah prioritas untuk penyaluran program bedah rumah dari pemerintah pusat. Karena itu, semula Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mengajukan sebanyak enam ribu unit rumah tak layak supaya mendapat program tersebut.

"Tapi yang disetujui hanya 357 unit. Adapun kriteria rumah yang mendapat program bedah rumah yakni dilihat dari semua sisi. Mulai dari kondisi rumahnya, ekonominya, dan lain sebagainya. Itu yang menjadi acuan,” kata Rusman.

Dia berharap, bantuan bedah rumah tersebut dapat membantu masyarakat miskin untuk mendapatkan hunian yang layak. Bagi penerima program bedah rumah, diminta merawat rumahnya dengan baik pasca direnovasi.

"Untuk waktu pelaksaanannya, silakan konfirmasi ke Dinas PU, karena mereka yang lebih tahu mengenai hal-hal yang bersifat teknis," pungkasnya. 

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kubu Raya Nendar Suhairi mengatakan pihaknya masih menunggu SK dari kementerian.
Namun hal-hal yang bersifat teknis dan adminiatrasi terkait dengan pelaksanaan program bedah rumah ini, semuanya sudah terverifikasi. 

"Jadi, sekarang kita tinggal menunggu SK Penetapan Pelaksanaan dari kement3rian turun. Kami berharap SK teraebut secepatnya keluar. Supaya program bedah rumah sebanyak 357 unit yang diberikan oleh pemerintah pusat bisa cepat kami laksanakan," ungkap Nendar.

Adapun desa yang mendapat program bedah rumah tersebut adalah Desa Sungai Rengas, Desa Kalimas, Desa Korek, Desa Arang Limbung dan Desa Kapur. 

“Jadi ada lima desa yang tersebar di tiga kecamatan yang berbeda. Mudah-mudahan program ini tidak ada masalah dan cepat telaksana," harapnya. 

Ketua Lembaga Pemantau Pembangunan Daerah (LPPD) Kubu Raya, Dede Junaidi meminta program bedah rumah yang diberikan pemerintah pusat kepada Pemerintah Kabupaten Kubu Raya benar-benar menyasar ke masyarakat yang membutuhkan. 

"Program ini harus tepat sasaran," kata Dede Junaidi, Kamis (1/2).

Karena itu, dia pun meminta pemerintah harus benar-benar menjamin kereteria penerima bantuan, sesuai dengan kondisi yang sesungguhnya. "Pihak terkait harus mensurvei ke lapangan langsung untuk memastikan apakah yang menirma program ini benar-benar layak," katanya. 

Karena selama ini data masyarakat kurang mampu itu masih relatif akurat. Sehingga banyak program-program sosial yang disalurkan pemerintah akhirnya tidak tepat sasaran. 

"Oleh sebab itu, saya berharap untuk program bedah rumah ini benar-benar diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu. Jangan sampai, yang menerima program ini misalmya punya sepeda motor. Ini kan jadi tidak tepat sasaran," pungkasnya. (abd/ang)

Komentar