Kades Baru Diminta Tak Rombak Seluruh Staf Desa

Kubu Raya

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 269

Kades Baru Diminta Tak Rombak Seluruh Staf Desa
Kepala Inspektorat Kabupaten Kubu Raya Gemuruh (thetanjungpuratimes.com)
KUBU RAYA, SP - Kepala Inspektorat Kabupaten Kubu Raya Gemuruh meminta kepada para kepala desa yang baru dilantik agar tak buru-buru melakukan pergantian staf aparatur desa secara menyeluruh. 

Pasalnya, jika staf yang lama dirombak habis, maka akan berpengaruh terhadap sistem kerja. Karena yang baru tentu akan melakukan penyesuaian dan harus belajar dari awal, terutama soal administrasi.

"Boleh ganti, cuma jangan semua. Staf yang penting itu seperti bendahara, yang menguasai (administrasi desa) kalau bisa jangan diganti," kata Gemuruh, Senin (5/2).

Soal laporan penggunaan Dana Desa tahun 2017, saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan administrasi terhadap realisasi penggunaannya. 

"Hari ini teman-teman fungsional itu sedang membaca realisasi  pertanggungjawaban penggunaan Dana Desa tahun 2017," ujarnya. 

Gemuruh menegaskan, pemeriksaan administrasi laporan pertanggungjawaban bukanlah ajang untuk mencari kesalahan. 

Tetapi dilakukan untuk mengevaluasi kelemahan-kelemahan dalam menyusun laporan pertanggungjawaban realisasi Dana Desa, sehingga ke depan bisa di perbaiki.

"Jadi, kami di Ispektorat lebih kepada warning system terhadap penggunaan seluruh anggaran,” ucapnya.

terkait ada tidaknya temuan pelanggaran dalam realisasi penggunaan Dana Desa di tahun 2017 lau, Gemuruh mengakui hal itu memang terjadi di beberapa desa. 

"Ada. Tapi kita sudah minta (temuan itu) dikembalikan ke kas desa. Temuannya itu hanya bersifat kelebihan pembayaran saja. Itu terjadi karena ketidakpahaman mereka. Tapi sudah kita minta agar dikembalikan," pungkasnya. (abd/ang)