Dinas Perikanan Konsisten Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan

Kubu Raya

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 66

Dinas Perikanan Konsisten Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan
Ilustrasi. Net
KUBU RAYA, SP - Untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan Kubu Raya, Kepala Dinas Perikanan, Fauzi Kazim akan tetap melanjutkan program-program perikanan yang sudah dilaksanakan pada tahun lalu. Mulai dari sektor budi daya maupun tangkap.

“Salah satunya pembinaan kepada para pembudidaya. Berikutnya juga melanjutkan program bantuan dari tahun lalu. Yakni di bidang budi daya ikan,” ujar Fauzi Kazim, kemarin.

Sementara di bidang tangkap, Dinas Perikanan Kubu Raya hanya bertugas membantu memfasilitasi segala kegiatan yang berkenaan dengan bidang kelautan. Dalam hal ini nelayan, karena berdasarkan undang-undang saat ini segala kewenangan di bidang kelautan sudah diambil alih oleh dinas di tingkat provinsi.

“Seperti kemarin ada program pemerintah pusat untuk mengganti alat tangkap dan sebagainya. Kami membantu melakukan pendataan, pembinaan dan sosialisasi. Namun demikian, kami akan tetap melanjutkan program-program perikanan tangkap. Seperti halnya kartu, asuransi dan sertifikat tanah nelayan.

Dia berharap melalui program taraf hidup para nelayan dapat lebih terjamin, sehingga semua nelayan menunjukan kesejahteraan. “Ada juga bantuan-bantuan seperti alat tangkap, perahu nelayan skala kecil dan sebagainya. Meski volumenya kecil,” tuturnya.

Selain itu, ke depan Dinas Perikanan Kubu Raya akan terus melakukan pembinaan kepada para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di bidang perikanan. “Sekaligus kami mendorong supaya apa yang dihasilkan di bidang perikanan ini betul-betul bermanfaat,” harapnya.

Tak hanya itu, semua nelayan Kubu Raya sudah dimasukan asuransi, sehingga pihak pemerintah memberi bantuan terhadap nelayan yang mengalami musibah.

“Beberapa tahun lalu, pemerintah menyerahkan langsung kepada korban yang tertimpa musibah,” tutup dia. (kro/ang)