Danlanud Supadio Cek Kelaikan Operasional Kendaraan Dinas Personel saat Apel Kendaraan

Kubu Raya

Editor Andrie P Putra Dibaca : 116

Danlanud Supadio Cek Kelaikan Operasional Kendaraan Dinas Personel saat Apel Kendaraan
Cek Kelaikan Operasional Kendaraan Dinas Personel Lanud Supadio. (ist)
KUBU RAYA, SP - Puluhan kendaraan dinas anggota Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio, baik roda dua, roda tiga dan roda empat, dicek kelaikan operasional. Pengecekan ini dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Supadio, Marsekal Pertama (Marsma) Minggit Tribowo.

Kendaraan yang berjajar rapi, memadati Apron Lanud Supadio, dicek beserta operatornya, pada apel kendaraan, Jumat (9/2).
Menurut Danlanud, kendaraan-kendaraan tersebut, sehari-harinya mendukung kegiatan operasional di jajaran Lanud Supadio.

Satu persatu kendaraan dinas diperiksa langsung oleh Marsma Minggit, yang didampingi para pejabat di jajaran Lanud Supadio. Danlanud Supadio mengatakan kegiatan apel kendaraan yang digelar pada hari ini sangat penting bagi kesiapan opersional Lanud Supadio.

"Adanya apel, sekaligus pengecekan kendaraan, dilalukan untuk mengetahui tingkat kesiapan dan kemampuan kendaraan dinas. Semuanya untuk mendukung operasional," ujar Marsma Minggit.

Tidak hanya kesiapan kendaraan, pengecekan jugta dilakukan pada surat-surat kendaraan dan kelengkapan sang operator kendaraan dinas tersebut. Marsma Minggit menyampaikan, jangan hanya kendaraan bagus dan siap, namun personel yang menggunakannya tidak mempunyai SIM TNI.

Danlanud menambahkan, bagi setiap anggota yang telah ditugaskan sebagai operator, diharapkan bisa menggunakan kendaraan dinas dengan baik, termasuk merawat kendaraan dinas tersebut, agar bisa maksimal dalam menunjang tugas-tugas kedinasa.

"Kondisi kendaraan yang baik, akan berdampak kepada meningkatnya kesiapan dalam menjalankan tugas operasional di Lanud Supadio," paparnya.

Untuk anggota yang belum mempunyai SIM TNI atau SIM TNI-nya sudah tidak berlaku lagi, Danlanud meminta segera diurus atau dilaporkan ke Satpomau.

"Karena kelengkapan surat-surat pribadi tidak kalah pentingnya dengan kesiapan kendaraan itu sendiri,” tuturnya.

Kasisarban Lanud Supadio, Mayor Tek Ferry Zarpian menjelaskan, pengecekan atau pemeriksaan kendaraan dinas meliputi berbagai perlengkapan kendaraan. Selain surat-surat kendaraan dan surat-surat kelengkapan anggota, juga fisik kendaraan itu sendiri.

 “Adanya pengecekan secara langsung seperti ini, tentunya kita dapat mengetahui kondisi kendaraan. Karena kelaikan kendaraan dinas, jadi penunjang kesuksesan pelaksanaan tugas," kata Mayor Ferry.

Bila kendaraan tersebut bermasalah, lanjutnya, pengguna harus segera memperbaiki. Sehingga, tidak jadi masalah dan berdampak buruk bagi personel yang mengendarai kendaraan tersebut.
 
"Kita tegaskan, agar semua pengguna kendaraan dinas bisa merawat dan menggunakannya sesuai peruntukan. Kita tidak akan mentolelir, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya. (mul)