PDAM Tirta Raya Jalin Kerja Sama Pembayaran Pelanggan dengan BNI Pontianak

Kubu Raya

Editor Andrie P Putra Dibaca : 224

PDAM Tirta Raya Jalin Kerja Sama Pembayaran Pelanggan dengan BNI Pontianak
Launching pembayaran tagihan PDAM, Senin (12/2). (SP/Aep Mulyanto)
KUBU RAYA, SP - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raya, Kabupaten Kubu Raya, terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan setianya. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mempermudah pembarayan tagihan.

Bekerja sama dengan PT Bank Negara Indonesi (BNI) Cabang Pontianak, PDAM Tirta Raya, telah menandatangani perjanjian kerja sama, berupa launching pembayaran tagihan PDAM, melalui Elektronik PDAM atau e-PDAM. 

Penandatanganan ini dilakukan langsung oleh Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Raya, Darwis Dolmanan dan pimpinan BNI Cabang Pontianak, Muhammad Farid Ma'ruf, di Qubu Raya Resort, Senin (12/2).  

"Kerja sama ini dilakukan untuk penguatan sistem transaksi pelanggan. Dimana, saat ini pemerintah telah menerapkan aturan, agar semua transaksi dilakukan secara eletronik," ujar M Farid Ma'ruf.

Kepala Cabang BNI Pontianak, yang sebelumnya bertugas di Palangkaraya ini menjelaskan, e-PDAM Tirta Raya memang bukan yang pertama kalinya. Di beberapa kota lain di Indonesia, layanan ini sudah dinikmati masyarakat, terutama di pulau Jawa. 

"Di Kalbar, PDAM Tirta Khatulistiwa sudah terlebih dahulu melakukannya. Dengan adanya e-PDAM, pelanggan punya banyak pilihan dalam pembayaran," tuturnya. 

Menurut Farid Ma'ruf, e-PDAM benar-benar sangat mempermudah pelanggan. Di mana dan kapan saja, pelanggan bisa membayar tagihannya. Bahkan tidak hanya dengan fasilitas ATM, pelanggan e-PDAM bisa memanfaatkan fasilitas elektronik yang lain, seperti SMS dan M-Banking BNI.  

"Jadi, pelanggan saat di mana saja bisa membayar, sehingga tidak terjadi keterlambatan pembayaran. Saya berharap, ke depannya semua pembayaran tagihan PDAM di Kalbar bisa dengan e-PDAM," kata Farid.

Bahkan, lanjut Farid, pelanggan PDAM Tirta Raya, tidak perlu khawatir saat keluar Kalbar. Dimana pun dan kapan pun pembayaran bisa dilakukan pelanggan. Misalnya, tutur Farid, pelanggan yang ada di Papua atau luar Kalbar tidak masalah. Asalkan ada nomor pelanggan, masukkan dan transaksi lewat ATM selesai. Tidak perlu nunggak bayar karena sudah tanggal jatuh tempo.

Dirut PDAM Tirta Raya, Darwis Dolmanan menyatakan, e-PDAM adalah salah satu cara pihaknya meningkatkan pelayanan. dengan adanya e-Payment PDAM tersebut, memberi kemudahan kepada masyarakat Kubu Raya, khususnya pelanggan PDAM untuk membayar tagihan.

"Selain membantu nasabah dalam kemudahan pembayaran yang bisa dilakukan dalam hitungan menit, e-PDAM bisa mendukung PDAM dalam menurunkan prosentase tunggakan pembayaran tagihan," ujar Darwis.

Melalui e-PDAM, pelanggan tidak perlu antre. Sehingga, waktu yang ada bisa dimaksimalkan untuk aktivitas lainnya. Dengan fasilitas ATM, masyarakat juga lebih mudah dan cepat melakukan pembayaran.

"Terobosan-terobosan ini dilakukan untuk mempermudah pelanggan. Kita berharap, tidak ada lagi pelanggan yang antre, atau pun telat membayar, sehingga semuanya bisa berjalan lancar," pungkasnya. (mul/biz)