Karya Bakti Lingkungan Lanud Supadio, Danlanud Ajak Masyarakat Jaga Ruang Publik

Kubu Raya

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 192

Karya Bakti Lingkungan Lanud Supadio, Danlanud Ajak Masyarakat Jaga Ruang Publik
KARYA BAKTI – Sejumlah personel TNI AU (Lanud) Supadio menggelar karya bakti berupa gotong royong membersihkan kawasan Taman Dirgantara Kubu Raya, Selasa (13/3). (SP/Mul)
Komandan Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Minggit Tribowo, mengajak masyarakat untuk peduli dengan ruang publik. Kepedulian tersebut diantaranya menyangkut kebersihan, keamanan, dan kenyamanan.

SP - Ajakan ini disampaikan Marsma TNI Minggit, saat memimpin karya bakti di lingkungan Lanud Supadio dan sekitarnya. Karya bakti berupa gotong royong membersihkan kawasan Taman Dirgantara Kubu Raya, Selasa (13/3).

“Semestinya kita terus peduli dengan keindahan ruang terbuka publik, terutama taman-taman. Oleh karenanya, mari kita jaga,” kata Marsma TNI  Minggit, kepada Suara Pemred.

Karya Bakti yang dilaksanakan oleh Lanud Supadio, bekerjasama dengan Pemkab Kubu Raya, Basarnas, Polsek Sui Raya, dan instansi samping lainnya, membersihkan selokan, memotong rumput, dan merapikan ranting daun pepohonan di sepanjang jalan.

Taman Dirgantara yang biasa disebut Tugu Pesawat Tempur A-4 Skyhawk, sudah sangat melekat dengan masyarakat dan saat ini menjadi ikon Kabupaten Kubu Raya. Tak jarang masyatakat bersantai dengan mengabadikan momen pribadi maupun bersamai keluarga, kerabat, rekan, dan handai tolan.

“Tugu pesawat ini jadi suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kubu Raya khusus dan Kalbar pada umumnya. Oleh karenanya kita harus terus merawat, agar terjaga keindahannya,” paparnya.

Posisi Taman Dirgantara Kubu Raya, posisi sangat strategis. Terletak di persetigaan menuju Bandara Supadio, Jalan A. Yani, Jalan Adi Sucipto, dan Jalan Abdurrahman Wahid. Posisi ini membuat taman tersebut selalu ramai dikunjungi masyarakat. Meski pesawat tempur yang jadi ikon sudah tua, namun kekokohannya masih tampak jelas. 

“Kawasan ini terbuka untuk masyarakat umum. Tentunya ini bisa jadi salah satu pilihan ruang publik di kawasan Kubu Raya,” tutur Danlanud. 

Selain membersihkan kawasan Tugu Pesawat di Taman Dirgantara, Danlanud dan anggota serta perwakilan instansi lannya, juga membersihkan area sepanjang Jalan Ayani, Jalan Adi Sucipto, dan Jalan Abdurahman Wahid. 

“Karya Bakti ini jadi sarana mempererat silaturahmi dan sinergisitas Lanud Supadio dengan instansi terkait. Kita terus menjaga soliditas, agar terwujud kebersamaan dan kerja sama yang baik,” ujarnya.

Gotong royong membersihkan area publik tersebut mendapat apresiasi dari masyarakat. Ilham (34) warga Jalan Adi Sucipto bangga dengan adanya kerja sama dan sinergsitas antara instansi.

“Kita pastinya sangat mendukung adanya kerja sama seperti ini. Danlanud Supadio sendiri memang terkenal sangat peduli dengan berbagai fasilitas publik yang ada di wilayahnya,” kata Ilham. 

Mengenai adanya Tugu Pesawat di pertigaan strategis tersebut, Ilham mengaku sangat bahagia. Ia dan keluarganya selalu menjadikan kawasan tersebut sebagai tujuan rekreasi atau hiburan. 

“Kawasan ini selalu ramai, terutama di sore atau malam hari. Tidak hanya masyarakat Kubu Raya, namun juga dari daerah lain, sering menghabiskan waktu di tempat tersebut,” paparnya. (mul/pk)